Terakreditasi “Baik Sekali” oleh BAN-PT, IST AKPRIND Menjadi Tujuan Studi Banding

0
243

Keberhasilan IST AKPRIND meraih peringkat akreditasi “Baik Sekali” dari Badan Akreditasi Nasional Pergirian Tinggi (BAN-PT) mendapatkan banyak apresiasi baik dari internal IST AKPRIND maupun dari masyarakat. Sebagai Perguruan Tinggi pertama dari Yogyakarta yang menggunakan instrumen akreditasi Perguruan Tinggi versi 3.0 dalam penilaian akreditasinya, menjadikan IST AKPRIND sebagai salah satu tujuan sharing dan berbagi pengalaman oleh Perguruan Tinggi lain. Salah satunya adalah kunjungan dari Stikes Surya Global Yogyakarta pada Kamis, (6/12)

Kedatangan rombongan Stikes Surya Global yang dipimpin oleh Wakil Ketua I, Dedy Koeswoyo, S.IP, M.PH diterima oleh Wakil Rektor Bidang akademik IST AKPRIND, Drs. Yudi Setyawan, MS, M.Sc, di ruang SIdang Utama IST AKPRIND. Dedy Koeswoyo, S.IP, M.PH hadir ke IST AKPRIND didampingi para penyusun borang akreditasi intitusinya seperti Rustiana Setyowati, SE., MM., M.PH, Moh Arif Priyanto, Susyana Candra SD, S.H., M.M., Chanif Kurnia sari, S.E., M.M., Sri Yuni Tursilowati, Fauna Andriyani, Betty Agustina Rahayu serta Dwi widyaningsih. Sementara dari IST AKPRIND selain Wakil Rektor I, turut hadir kepala Lembaga Penjaminan Mutu, Imam Sodikin, S.T., M.T., Cyrilla Indri Parwati (Kepala Pusat Penjaminan Mutu), Ir. Gatot Santosa, M.T (kepala Pusat Audit Mutu) dan Dra. Sri Sunarsih, M.Si (kepala Pusat Pelaksana Akreditasi).

Wakil Rektor bidang Akademik IST AKPRIND mengungkapkan jalan panjang pengajuan akreditasi institusi IST AKPRIND dengan menggunakan instrumen versi 3.0. Mulai dari penyusunan borang akreditasi, Laporan Evaluasi Diri, Laporan Kinerja Perguruan Tinggi dan hal-hal lainnya. Penyusunan Laporan Evaluasi Diri yang lebih dari seribu halaman juga menjadi pengalaman tersendiri. Terlebih masa kadaluarsa akreditasi institusi Perguruan Tinggi (AIPT) IST AKPRIND yang sebelumnya (terakreditasi B) habis pada bulan Agustus, sementara assesmen lapangan atau visitasi dari BAN-PT baru dilaksanakan pada bulan September. Sehingga BAN-PT harus mengeluarkan surat perpanjangan masa akreditasi sementara hingga munculnya status terakreditasi yang baru. Namun hal itu semua akhirnya terbayar lunas setelah pada Selasa (26/11) di laman Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online BAN-PT, IST AKPRIND dinyatakan terakreditasi “Baik Sekali” dengan perolehan nilain yang lebih tinggi dibandingkan saat terakrediasi dengan peringkat B, pungkasnya. (tdj)