Tata Fajri Nurrahmi Lulusan Sistem Komputer dengan IPK 3,99

0
91

Tata Fajri Nurrahmi, mahasiswa IST AKPRIND dari program studi Sistem Komputer, Fakultas Sains Terapan menjadi lulusan terbaik program Sarjana pada Wisuda Periode I Tahun Akademik 2018/2019. Pada acara wisuda yang diselenggarakan di Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa, Sabtu (29/9) tersebut Tata Fajri Nurrahmi meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) nyaris sempurna dengan nilai 3,99. Dengan menjadi yang terbaik, Tata Fajri Nurrahmi menerima ijazah langsung dari Rektor IST AKPRIND, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T. Sementara pengalungan samir diberikan oleh wakil Rektor bidang akademik, Drs. Yudi Setyawan, MS., M.Sc.

Tata Fajri Nurrahmi, sosok kelahiran tahun 1996 merupakan alumni SMAN I Seyegan yang masuk IST AKPRIND Yogyakarta pada tahun 2014. Putri Drs.Nurmunir dan Boirah ini lahir dan besar di wilayah Sendangsari, Minggir Sleman. Sebagai salah satu penerima beasiswa hingga lulus Sarjana dari Yayasan Pembina Potensi Pembangunan Yogyakarta, Tata Fajri Nurrahmi semakin terpacu untuk meningkatkan prestasi serta memajukan jurusan Sistem Komputer. Selama berkuliah di IST AKPRIND Tata Fajri Nurrahmi bukan merupakan mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang – kuliah pulang. Namun justru merupakan salah satu mahasiswa yang aktif dalam kegiatan di luar akademik. Tata Fajri Nurrahmi merupakan salah satu aktivis pada Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian islam (UKKI) jama’ah Alkautsar. Selain itu Tata Fajri Nurrahmi juga aktif dalam himpunan mahasiswa Sistem Komputer (Himakom). Bukan itu saja, Tata Fajri Nurrahmi juga menjadi asisten pada 2 laboratorium sekaligus. Selain menjadi asisten laboratorium komputer III juga menjadi asisten laboratorium Fisika Dasar. Serta aktif mengikuti program-program hibah kegiatan mahasiswa maupun olimpiade yang didanai oleh kemristekdikti. Tata Fajri Nurrahmi mengaku dengan mengikuti kegiatan-kegiatan diluar perkuliahan dapat mengasah softskilnya yang sudah tentu akan mendukung proses dalam mengikuti perkuliahan.

Tata Fajri Nurrahmi menyelesaikan studi di IST AKPRIND seteleh skripsinya yang berjudul “Perancangan Aplikasi Keamanan File Dokumen menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) berbasis Android”    sukses dipertahankan didepan para dosen penguji. Dengan dibimbing oleh Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom dan Dra. Nuniek Herawati, M.Kom, Tata Fajri Nurrahmi melihat file yang tersimpan dalam media komunikasi berbasis android rentan disalahgunakan seperti diketahui orang lain, diambil ataupun dimanipulasi. Sehingga dengan metode kriptografi, file-file dengan format doc, pdf, xls, ppt yang berbasis android dapat di enkripsi sehingga hanya dapat dibuka oleh pemiliknya. Dari skripsi yang disusunnya, Tata Fajri Nurrahmi meraih nilai “A”.

Dengan motto Bisa karena Terbiasa, Tata Fajri Nurrahmi mengajak seluruh mahasiswa IST AKPRIND tidak takut untuk mencoba tantangan baru yang positif agar menjadi terbiasa terhadap hal-hal yang baru. Karena dengan terbiasa, semakin lama akan menjadi bisa. Dalam melakukan segala hal Tata Fajri Nurrahmi juga mengingatkan agar selalu mengedepankan totalitas serta prioritas. (tdj)