Syawalan Keluarga IST AKPRIND “Merajut Ukhuwah Menggapai Berkah”

0
14

Puasa pada bulan Ramadhan akan melatih orang-orang yang beriman untuk tawadlu (rendah hati) serta selalu merasa kurang dalam beribadah kepada Allah SWT. Tawadlu karena puasa merupakan ibadah yang hanya diketahui oleh mereka yang menjalankannya dan Alllah SWT. Ibadah puasa berbeda dengan ibadah lain, karena tidak bisa dipamerkan atau ditunjukkan kepada orang lain. Demikian disampaikan oleh usatdz drh. H. Agung Budiyanto, MP, Ph.D., saat memberikan siraman rohani dalam acara Syawalan dan Halal Bi Halal Keluarga Besar IST AKPRIND di Auditorium kampus I, Rabu (20/6). ustadz Agung Budiyanto turut menyampaikan bahwa pada bulan Ramadhan, juga akan membuat orang-orang beriman selalu merasa kurang dalam beribadah, ini terlihat dari ramainya tempat ibadah pada bulan tersebut.

Menurut Ustadz Agung Budiyanto, pada bulan ramadhan orang-orang beriman akan memperlihatkan tiga sifat utama yaitu memiliki kelembutan hati, meyelaraskan hawa nafsu sesuai dengan keinginan Allah SWT serta Selalu taat kepada Allah SWT. Hanya pada bulan ramadhan umat islam semakin sering merendahkan diri dihadapan Allah SWT. Jumlah sujud umat islam dihadapan Allah pada bulan ramadhan senantiasa lebih banya dibandingkan pada bulan lain. Dengan kata lain pada bulan ramadhan umat islam lebih sering mengakui kebesaran Allah melalui bersujud, sebab dengan bersujud menunjukkan bahwa manusia mengakui kekalahan, mengakui kelebihan serta dengan ikhlas mengakui ketentuan dari Allah SWT.

Syawalan keluarga besar IST AKPRIND diselenggarakan satu hari sebelum aktif masuk kerja. Pada kesempatan tersebut, Rektor mewakili seluruh keluarga besar IST AKPRIND maupun secara pribadi menyampaikan permohonan maaf kepada sivitas akademika IST AKPRIND, Yayasan Pembina Potensi Pembangunan serta masyarakat sekitar. Syawalan diakhiri dengan saling berjabat tangan seluruh pegawai serta Yayasan Pembina Potensi Pembangunan. (tdj)