Sufi Rodhiyah, dari Prodi Teknologi Industri Lulusan Terbaik D3 Periode September 2020

0
16

Sufi Rodhiyah, mahasiswi dari program Studi Teknologi Industri dinyatakan sebagai lulusan terbaik jenjang Diploma 3 pada Wisuda Sarjana dan Ahlimasdya IST AKPRIND Periode September 2020. Sufi Rodhiyah merupakan sosok asli dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang masuk pada tahun 2016. Putri dari ibu Katini ini mengangkat judul “Pengaruh Warna dan Bentuk Produk Terhadap Jumlah Penjualan dan Peramalan Jumlah Permintaan Produk” dalam Tugas Akhirnya dengan melakukan studi banding pada sebuah perusahaan swasta di Yogyakarta.

Dengan menggunakan metode two way ANOVA untuk mngetahui keterkaitan antar variabel yang diuji, Sufi Rodhiyah melakukan penelitian pada perusahaan yang memproduksi barang-barang yang terbuat dari kulit. Penelitian dilakukan sebab pada tahun 2018 perusahaan tersebut mengalami penurunan tingkat penjualan tas di pasar eksporhingga 14%. Sehingga perlu dilakukan penelitian guna mngetahui permintaan produk dimasa yang akan datang dengan peramalan menggunakan metode 2-Moving Average, 3-Moving Average, Single Exponential Smoothing dan Double Exponential Smoothing. Hasil dari penelitian tersebut menyimpukan bahwa terdapat pengaruh terhadap tingkat penjualan yang melibatkan warna dan bentuk produk.

Dalam menyelesaikan tugas akhirnya, sosok yang tinggal di Giwangan, Kota Yogyakarta tersebut mendapatkan bimbingan penuh dari dosen pembimbing Mega Inayati Rif’ah, S.T., M.Sc. Memperoleh predikat lulusan terbaik Diploma 3 pada wisuda periode September 2020 setelah memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,89.