Sosialisasi dan Kompetisi Internal PHP2D IST AKPRIND

0
340

IST AKPRIND melalui bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama menyelenggarakan Sosialisasi dan Kompetisi Internal Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa atau yang sering disebut PHP2D, Selasa (16/3). Sosialisasi dan Kompetisi Internal PHP2D yang diselenggarakan secara daring ini merupakan kerjasama IST AKPRIND dengan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Walaupun acara diselenggarakan secara daring namun tetap berlangsung dengan menarik, sebab menghadirkan narasumber yang juga tim penyusun buku panduan PHP2D Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2021.

Webinar Sosialisasi Kompetisi Internal PHP2D dibuka secara resmi oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom. Rektor berharap dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan prestasi mahasiswa IST AKPRIND. Lolosnya 2 proposal pada tahun sebelumnya terbukti mampu memberikan manfaat kepada masyarakat sasaran kegiatan. Selain mampu merubah pola pikir masyarakat, PHP2D mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan di Kecamatan Panggang, Gunungkidul dan mahasiswa Teknik Geologi di Kecamatn Patuk, Gunungkidul juga mampu memberikan manfaat secara ekonomi. PHP2D 2021 yang bertajuk “Terwujudnya mahasiswa yang mampu berfikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif serta memiliki kemampuan kepemimpinan dalam pengembangan masyarakat desa di Era Industri 4.0 sebagai implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”, diharapkan mampu dimanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa IST AKPRIND, tambah Edhy Sutanta.

PHP2D adalah kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Mahasiswa pelaksana PHP2D ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. Webinar sosialisasi PHP2D di IST AKPRIND menghadirkan Narasumber Dhaniek Wardhanie Ratnaningrum, Sub Koordinator Organisasi Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peran mahasiswa dalam membina dan memberdayakan masyarakat desa di PHP2D sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dalam hal hak belajar tiga semester di luar program studi dalam satu Perguruan Tinggi dan atau di luar Perguruan Tinggi. PHP2D juga diharapkan mampu menggugah masyarakat desa menemukan dan mengembangkan potensi yang sudah ada untuk diwujudkan menjadi kegiatan nyata atau mengembangkan kegiatan yang telah dirintis masyarakat menjadi lebih berkembang dan bermanfaat.

Terpisah, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasaman IST AKPRIND, Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom berharap dengan penyelenggaraan Sosialisasi dan Kompetisi Internal PHP2D ini mampu melahirkan proposal PHP2D semaksimal mungkin baik secara kualitas maupun kuantitas. Kompetisi PHP2D internal akan dibuka hingga 24 Maret mendatang. Sehingga Unit Kegiatan Mahasiswa maupun Himpunan Mahasiswa Jurusan masih memiliki waktu untuk menyusun proposal sebaik mungkin. Sementara review proposal di internal IST AKPRIND akan dilaksanakan pada 27 Maret, sebelum nantinya akan diunggah sebelum 7 April 2021. (tdj)