Sosialisasi Beasiswa LPDP di IST AKPRIND

0
23

IST AKPRIND mendapat kesempatan mendengarkan paparan dan sosialisasi beasiswa yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Dana Pendidikan (LPDP) di Ruang Sidang Utama IST AKPRIND, Kamis (22/8). Acara yang diinisiasi oleh Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama ini diikuti oleh 50 dosen dan tenaga kependidikan. Hador sebagai narasumber, Ratna Prabandari (Kepala Divisi Evaluasi dan Penyaluran Dana Kegiatan Pendidikan) LPDP.

Rektor IST AKPRIND, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., saat membuka kegiatan sosialisasi ini berharap pegawai IST AKPRIND baik dosen maupun tenaga kependidikan memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah ini. Bagi dosen yang saat ini masih memiliki jenjang pendidikan magister, dengan adanya program ini diharapkan meningkatkan jenjang pendidikannya ke jenjang doktoral.

Ratna Prabandari dihadapan peserta sosialisasi mengungkapkan bahwa LPDP mengelola dana abadi yang berasal dari alokasi anggaran tahunan pemerintah. Dana abadi ini lalu diinvestasikan ke beberapa tempat, lalu hasil investasinya dikelola sebagai sumber pendanaan beasiswa dan dana operasional LPDP lainnya. Kategori Beasiswa yang dikelola oleh LPDP sangat banya dan beragam. Bagi masyarakat yang berminat dapat melihat langsung disitusnya lpdp.kemenkeu.go.id. Ratna menambahkan bahwa tujuan keberadaan beasiswa LPDP yaitu untuk meningkatkan SDM khususnya di bidang pendidikan, serta berharap setelah mahasiswa ini selesai dari S1 mereka berkeinginan untuk meningkatkan jenjang pendidikannya.

LPDP merupakan sebuah lembaga yang bekerja dibawah pengawasan beberapa kementerian. Program beasiswa dari LPDP sendiri terdiri dari dua yaitu untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga. Beasiswa LPDP bertujuan untuk mendukung ketersediaan Sumber Daya Manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas. LPDP berkomitmen untuk mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan. LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister/doktoral untuk putra-putri terbaik Indonesia, pendanaan riset komersial/implementatif untuk mendorong inovasi, serta rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak karena bencana alam. (tdj)