SNAST 2022 Berlangsung Sukses

0
75

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (IST AKPRIND) menjadi tuan rumah pada kegiatan Seminar Nasional Tahun 2022 (SNAST 2022). Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui zoom meeting, Sabtu (12/11). Mengangkat tema Peran Perguruan Tinggi untuk Mendukung Grand Strategi Energi Nasional, dengan menghadirkan dua pembicara utama yakni Dr. Ir. Musri Ma’waleda, M.T., selaku anggota Dewan Energi Nasional serta Julianta Parlindungan Panjaitan, S.T., M.T., selaku President of Indonesian Society of Petroleum Geologist (ISPG). 

Ketua Panitia SNAST 2022, Subhan Arif, S.T., M.T., menuturkan SNAST 2022 ini diikuti oleh ratusan pemakalah dan peserta yang berasal dari tiga belas provinsi di Indonesia dan 25 instansi berbeda. SNAST 2022 juga berhasil menghimpun sebanyak 80 judul makalah dengan 31 diantaranya ditulis dan dipresentasikan oleh mahasiswa. 

“Kami memang menargetkan peserta tak hanya berasal dari kalangan akademisi (red: dosen dan mahasiswa), namun juga para pemerhati strategi nasional. Topik-topik makalah SNAST 2022 mengulas seputar Energi, Energi Baru Terbarukan (EBT), dan Kebijakan Energi; Teknik Geologi, Pertambangan, dan Geofisika; Teknik Mesin dan Industri; Teknik Kimia dan Lingkungan; Teknologi Informasi, Manajemen, dan Bisnis; Statistika dan Data Science; serta Teknik Elektro, Sipil, Arsitektur, dan lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., yang hadir dan membuka SNAST 2022 menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya perguruan tinggi untuk mendukung Pemerintah Republik Indonesia dalam transisi penggunaan energi fosil ke Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Kegiatan seminar nasional ini berupaya untuk bisa memeproleh jawaban bagi beberapa pertanyaan, seperti apa grand strategi energi nasional di Indonesia, bagaimana roadmap transisi sumber energi nasional kepada sumber EBT, peran strategis, taktis, dan teknis yang seharusnya dilakukan oleh perguruan tinggi, bagaimana peran tersebut dilakukan agar efektif, dan aspek-aspek penting lainnya terkait peran perguruan tinggi untuk mendukung grand strategi energi nasional. (humas)