SMAN Tanjungsari menjadi yang terbaik sehingga berhak memboyong trophy tetap Rektor IST AKPRIND Yogyakarta dalam gelaran turnamen Sepakbola antar SMA/SMK se DIY bertajuk Piala Rektor IST AKPRIND 2018 yang diselenggarakan di lapangan sepakbola IST AKPRIND, Jalan Parangtritis KM 6,5, Sewon, Bantul Yogyakarta, Minggu (2/9) pagi. Di partai final yang digelar dengan durasi waktu pertandingan 2×35 menit ini, SMAN Tanjungsari berhasil menghempaskan perlawanan sengit SMAN 4 Yogyakarta dengan skor tipis 2-1.

Tampil dengan status peserta terjauh, SMAN Tanjungsari langsung menggebrak sejak peluit tanda dimulainya pertandingan dibunyikan oleh wasit Wartono dari Yogyakarta. Hasilnya penyerang Jauhar Nurdani yang bernomor punggung 19 mencetak gol cepat saat pertandingan baru berjalan 1 menit. Tertinggal 1 gol di awal pertandingan tidak membuat SMAN 4 Yogyakarta yang dibesut oleh Ardi Jatmiko dan Iksan patah semangat. Dengan mengandalkan trio penyerang, Viro Verdiansyah, Savio dan Adji Rahmad bertubi-tubi melakukan serangan terhadap pertahanan SMAN Tanjungsari yang kawal oleh Rulli Angga. Namun kokohnya pertahanan dan penampilan gemilang penjaga gawang menjadikan skor bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua Savio dkk langsung melakukan inisiatif serangan dan kembali mengurung pertahanan SMAN 4 Tanjungsari. Hasilnya sepuluh menit berjalan di babak kedua tendangan keras Savio meluncur kearah gawang SMAN Tanjungsari. Walaupun sempat di blok oleh Rulli Angga, namun ternyata bola masih membentur mistar dan menjadikan kemelut didepan gawang yang tidak disia-siakan oleh Viro Verdiansyah sehingga kedudukan berubah menjadi 1-1. Kebobolan di babak kedua membuat SMAN Tanjungsari berupaya keluar dari tekanan. Pada menit ke 56, tendangan bebas yang dilakukan M Abdullah gagal diantisipasi dengan sempurna oleh penjaga gawang SMAN 4 Yogyakarta, Aryellian sehingga langsung disambar oleh Ridho Bagus yang menjadikan kedudukan kembali membuat SMAN Tanjungsari unggul 2-1. Kedudukan 2-1 untuk kemenangan SMAN Tanjungsari bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

Dengan hasil kemenangan tersebut tim besutan Fitri Yuli ini berhak atas Trophy Rektor IST AKPRIND serta uang pembinaan sebesar 3 juta rupiah yang diserahkan langsung oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T. Sementara Peringkat kedua oleh SMAN 4 Yogyakarta sehingga berhak atas trophy serta uang pembinaan sebesar 2 juta rupiah. Peringkat ketiga diraih oleh SMA Muhamadiyah 7 dan SMAN 2 Ngaglik, Sleman sehingga masing-masing berhak atas trophy dan uang pembinaan masing-masing sebesar 1 juta rupiah. Pencetak gol terbanyak dengan 3 gol diraih oleh Jauhar dan M Abdullah yang keduanya berasal dari SMAN Tanjungsari sehingga berhak atas uang pembinaan  750 ribu rupiah.

Rektor IST AKPRIND mengapresiasi penyelenggaraan turnamen Sepakbola antar SMA/SMK se DIY yang ini. IST AKPRIND beserta Yayasan Pembina Potensi Pembangunan selaku Badan Penyelenggara IST AKPRIND konsisten dalamm pencarian bibit-bibit unggul dibidang olahraga termasuk sepakbola. IST AKPRIND sendiri saat ini memiliki klub amatir Satria AKPRIND yang pernah menjuarai piala Walikota Yogyakarta tahun 2017 serta rutin mengikuti kompetisi yang diselenggarakan secara resmi oleh PSSI Kota Yogyakarta. Rektor tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh SMA dan SMK yang turut berpartisipasi pada turnamen ini, serta berterimakasih kepada Asprov PSSI DIY yang memberikan pendampingan, tidak ketinggalan jajaran Polres Bantul dan Polsek Sewon serta seluruh pihak baik dari internal IST AKPRIND dan warga sekitar yang membantu secara penuh pelaksanaan turnamen ini. Tahun depan tidak menutup kemungkinan kembali diselenggarakan turnamen ini dengan kembali mengundang tim-tim terbaik dari SMA/SMK di DIY dan sekitarnya yang memiliki reputasi dan prestasi dibidang sepakbola. (tdj)