Simak Ragam Jalur Pendaftaran Akprind University T.A. 2024/2025

0
76

Universitas AKPRIND Indonesia (Akprind University) membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk Tahun Akademik 2024/2025. Informasi terkait PMB dapat dilakukan secara daring melalui laman https://pmb.akprind.ac.id/.

Terdapat enam jalur pendaftaran yang dapat dipilih pendaftar, yakni Beasiswa Sampai Lulus (BSL), Beasiswa Sampai Lulus Jalur Hafiz Al’Quran (BSLH), Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK), Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K), Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), dan Kelas Karyawan. Keenam jalur PMB Akprind University memiliki persyaratan yang berbeda-beda.

Pertama, Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi berdasarkan nilai rapor, prestasi, SKL, atau undangan. Pendaftaran jalur PMDK bebas biaya pendaftaran dan mendapat potongan Dana Pengembang Pendidikan (DPP) pada tiap gelombangnya. Saat ini PMDK periode Gelombang 2 sudah dibuka sejak 6 Mei 2024 hingga 28 Juli 2024 dan mendapat potongan DPP Rp 3.000.000.

Kedua, Beasiswa Sampai Lulus (BSL) merupakan beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Pembina Potensi Pembangunan kepada calon mahasiswa dengan seleksi akademik/non-akademik dan tes wawancara. Peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan pembebasan biaya berupa DPP, SPP Tetap, dan SPP Variabel dari semester 1 s/d 8 untuk jenjang S-1 dan semester 1 s/d 6 untuk jenjang D-3. Jalur BSL sudah dibuka sejak 25 Maret 2024 hingga 30 Mei 2024

Ketiga, Beasiswa Sampai Lulus Jalur Hafiz Al Qur’an (BSLH) merupakan beasiswa penuh yang diberikan oleh Yayasan Pembina Potensi Pembangunan untuk lulusan SMA/MA/SMK/MAK/sederajat yang memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 5 juz, sehingga layak untuk melanjutkan studi pada jenjang S-1 atau D-3 di AKPRIND University. Peraih BSLH akan mendapatkan beasiswa penuh selama 8 semester untuk jenjang S-1 dan 6 semester untuk jenjang D-3. Jalur BSLH sudah dibuka sejak 22 April 2024 hingga 30 Mei 2024

Keempat, Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) merupakan penyetaraan akademik atas pengalaman kerja dan pelatihan bersertifikasi, atau pengalaman belajar di masa lampau untuk dapat mengurangi beban studi jika melanjutkan pendidikan formal di Universitas AKPRIND Indonesia. 

Kelima, Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIP-K) adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Keenam, Kelas karyawan diselenggarakan untuk memberi kesempatan luas kepada masyarakat untuk mengakses perguruan tinggi, namun tidak mempunyai waktu luang untuk mengikuti kuliah pada hari kerja. Biaya pendaftaran  program penerimaan mahasiswa baru Kelas Karyawan bebas biaya pendaftaran. Saat ini Kelas Karyawan periode Gelombang 2 sudah dibuka sejak 6 Mei 2024 hingga 28 Juli 2024.

Layanan dan informasi penerimaan mahasiswa baru dilayani oleh Bagian Admisi yang berlokasi di Kampus I Akprind University, Jalan Kalisahak No. 28, Balapan, Yogyakarta 55222 Telepon: (0274) 563029 Ext. 135. E-mail: [email protected], dan WhatsApp: +62 857 2968 4122 pada hari dan jam kerja. (humas)