Sesi Motivasi Dosen dan Tenaga Kependidikan Melahirkan Strategi “Total Football” dalam Bekerja: Kerahkan Daya Upaya untuk Hasil yang Optimal

0
53

Yayasan Pembina Potensi Pembangunan (YPPP) menyelenggarakan acara Motivasi Dosen dan Tenaga Kependidikan di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (IST AKPRIND), Senin (16/1). Acara ini diadakan di Auditorium Kampus 1 IST AKPRIND dan dihadiri oleh jajaran Pembina, Pengawas, dan Pengurus YPPP, pimpinan IST AKPRIND, serta seluruh dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan IST AKPRIND.

Pada sambutannya Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., menyatakan di tahun 2023 institut akan fokus pada tiga hal, yaitu mutu, layanan, dan peningkatan akses bagi mahasiswa baru. Rektor menegaskan bahwa institut ingin memastikan penjaminan mutu di IST AKPRIND dapat diimplementasikan dengan baik menuju target yang telah ditetapkan dalam RPJP, memastikan pelayanan setiap unit berjalan lebih baik yakni cepat, tuntas, dan jelas, dan perluasan serta peningkatan akses calon mahasiswa.

Sementara itu, Ketua YPPP Ir. Sagoro Wedy, M.M.,  mengajak tendik dan dosen untuk bekerja sama dalam meningkatkan kualitas program pendidikan di IST AKPRIND. Pada  acara ini, beberapa materi penting dibahas, diantaranya mengangkat tema Permasalahan Motivasi Dosen dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan IST AKPRIND yang disampaikan oleh Anggota Pembina YPPP Dr. Harjum Muharam, S.E., M.E., Tantangan Dosen dan Tendik di Masa Depan yang disampaikan oleh Ketua Pengawas YPPP Prof. Dr. Mahfud Sholihin, M.Acc., Ph.D., serta Kiat Memotivasi Diri sebagai Dosen dan Tenaga Kependidikan IST AKPRIND yang disampaikan oleh Kepala LPPM IST AKPRIND Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.T.

Dalam paparannya, Dr. Harjum menegaskan bahwa institut memiliki terget untuk menjaring lebih banyak mahasiswa di tahun 2023. Maka dari itu, Prof. Mahfud menambahkan, untuk mencapai target tersebut, seluruh Pegawai IST AKPRIND harus siap dengan strategi “total football” dimana segala upaya dan usaha dikerahkan demi kemajuan bersama. Pelayanan prima juga menjadi poin penting dalam bahasan bersama ketiga narasumber untuk meningkatkan citra baik institut di mata masyarakat luas.

Para peserta diajak untuk memiliki semangat memajukan IST AKPRIND. Tak hanya itu, guna menjawab tantangan yang semakin berat, tidak cukup hanya dengan akreditasi, dosen perlu untuk terlibat dalam berbagai skema kompetisi pada riset komersial. Dosen juga diharapkan meningkatkan peran, kinerja, dan memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa. Sementara itu, Tendik diharapkan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, memberikan kepastian dalam pelayanan, responsif saat memberikan pelayanan, serta berempati pada saat melakukan pelayanan. (humas)