Servis Gratis HMM, bentuk Jnanadharma

0
15

Servis gratis merupakan agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) IST AKPRIND Yogyakarta. Selain servis gratis yang diselenggarakan di halaman kampus I, HMM sering pula menyelenggarakan servis murah dengan penyelenggarakan di masyarakat seperti di Balai Desa pada suatu wilayah tertentu. Pada HMM IST AKPRIND tahun 2018 ini, menyelenggarakan servis gratis di depan kampus I,  Kamis (15/11).

Acara yang dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin, Nidia Lestari, S.T., M.Eng ini melibatkan tak krang dari 50 mahasiswa untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Dengan memiliki departemen bengkel dan tim balap motor (HARD), tidak sulit bagi HMM untuk mencari teknisi kendaraan bermotor untuk turut serta dalam servis gratis ini. Menurut Sekretaris Jurusan Teknik Mesin, Gunawan Budi Susilo, S.Pd.T., M.Eng, servis gratis merupakan bentuk Jnanadharma sesuai dengan semboyan IST AKPRIND. Jnanadharma merupakan gabungan kata yang berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari kata Jnana yang berarti pengetahuan dan dharma yang memiliki arti pengabdian. Sehingga servis gratis merupakan bentuk memberikan pengabdian ilmu pengetahuan yang dimiliki para mahasiswa kepada masyarakat, ungkap Gunawan. Servis gratis ini terbuka bagi semua merk dan jenis kendaraan keluaran tahun 2000 hingga terbaru. Targetnya 60 kendaraan dapat dilayani dalam servis gratis ini. Gunawan menambahkan bahwa bagi masyarakat yang ingi ganti oli atau sparepart lainnya, pihak panitia juga bersedia membantu. service yang dilakukan adalah  service ringan untuk injeksi kita cek dan scan sistem injeksinya, untuk model karburator, akan dibersihkan dan cuci karburator, cek kampas rem, kelistrikan meliputi cek lampu-lampu serta setel rantai.

  Selain servis gratis, anniversary 26 HMM juga menyelenggarakan donor darah dengan menggandeng PMI KOTA Yogyakarta. Dalam kegiatan tersebut tak kurang 50 kantong darah berhasil dikumpulkan.  Beberapa manfaat dari donor darah antara lain adalah menyehatkan badan, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, mendapatkan kesehatan psikologis serta dapat berbagi kepada sesama. (tdj)