Didalam era industri sekarang ini perusahaan harus meningkatkan peran terhadap pentingnya program keselamatan dan kesehatan kerja (K3), sebab tidak saja mutlak bagi para karyawan tetapi juga penting bagi kelangsungan kemajuan perusahaan.

Dalam rangka mencapai tujuan dari progam K3, berbagai unsur dan sumber daya perlu digunakan, sehingga dalam penerapan k3 perlu ditata dan diatur ke dalam suatu system manajemen K3 (SMK3).

Sekurang-kurangnya seorang meninggal dan lebih dari 6000 orang menderita luka akibat kerja. Sebagaimana kita ketahui, kecelakaan meninggal dan sakit akibat kerja memerlukan biaya yang harus dikeluarkan oleh Perusahaan, disamping kerugian akibat karena kerusakan properti atau kerusakan peralatan, serta hilangnya produktifitas . Pelatihan ahli K3 Umum dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam menuju produktifitas dan efisiensi sehingga dapat meningkatkan daya saing perusahaan.

Maka Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan akan menyelenggarakan “Seminar K3L 2018”, yang akan diselenggarakan pada (28/4/18) dan sasaran dari kegiatan  ini adalah Mahasiswa Teknik Lingkungan,  mahasiswa  IST AKPRIND Yogyakarta dan masyarakat umum baik mahasiswa maupun pekerja/karyawan yang ada di kota Yogyakarta serta Jawa Tengah dan sekitarnya

Seminar K3L 2018 ini sendiri bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dikalangan Mahasiswa.
  2. Mendorong peran akademisi/perguruan tinggi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia K3 di Indonesia
  3. Memenuhi salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, khususnya pada Departemen Sains dan Teknologi