SEKDA Kota Yogyakarta Sambut Mahasiswa Baru IST AKPRIND pada PKKMB 2022

0
76

Institut Sains dan Teknologi AKPRIND menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kegiatan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Selasa (06/09). Kegiatan yang diselenggarakan secara luring untuk kali pertama pascapandemi Covid-19 ini diikuti ratusan mahasiswa baru. Mengusung Tema SMART (Spiritual, Mandiri, Adaptif, Rasional, dan Toleran) Generation, kegiatan ini menghadirkan Sekretaris Daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta Ir. Aman Yuriadijaya, M.M., sebagai Orator Ilmiah. 

Pemilihan Ir. Aman sebagai Orator Ilmiah pada kegiatan PKKMB 2022 di IST AKPRIND merupakan sebuah langkah untuk mengenalkan mahasiswa baru dengan Kota Yogyakarta secara dekat. Pada kesempatan tersebut Ir. Aman mengenalkan Semangat Gotong Royong Agawe Majuning Kota Yogyakarta (Segoro Amarto) kepada para mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PKKMB. Segoro Amarto sendiri merupakan sebuah semangat sosial yang digaungkan oleh Pemkot Yogyakarta kepada masyarakat. Lebih lanjut, Aman menjabarkan Segoro Amarto sebagai empat pilar, yakni kemandirian, kedisiplinan, kepedulian, dan semangat kebersamaan. 

“Empat pilar yang menjadi bagian Segoro Amarto harapannya bisa dilakukan adik-adik semua dalam lingkungan masing-masing. Semangat Segoro amarto sebagai semangat sosial kita harus dikukuhi adik-adik semua. Kalau kematangan sosial menjadi kuat, maka nanti menjadi modal untuk kehidupan di masa mendatang,” ujar Ir. Aman. 

Sementara itu, Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., pada sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan PKKMB ini merupakan langkah awal bagi para mahasiswa baru dalam menempuh kegiatan perkuliahan. Mahasiswa adalah calon pemimpin di masa depan, untuk itu hendaknya para mahasiswa baru selalu menjaga tata krama dan perilaku. Edhy menambahkan, selama tiga hari ke depan mahasiswa baru akan mendapatkan beragam materi baik akademik maupun non-akademik pada rangkaian acara PKKMB. Pada momen inilah, mahasiswa baru diharapkan mampu beradaptasi dengan kehidupan di perguruan tinggi, sehingga nanti bisa menjadi insan yang unggul. 

Kegiatan PKKMB 2022 IST AKPRIND berlangsung pada 6-9 September 2022. Kegiatan ini dibuka secara simbolik oleh Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., di Auditorium Kampus 1 IST AKPRIND. Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua Yayasan Pembina Potensi Pembangunan Ir. Sagoro Wedy, M.M., jajaran wakil rektor, Dekan Fakultas Teknologi Industri, Dekan Fakultas Sains Terapan, Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis, serta jajaran ketua jurusan/program studi. (humas)