Science, Technology, Society

0
636

Memanfaatkan jeda waktu perkuliahan pasca ujian akhir semester genap Tahun Akademik 2016-2017, jurusan Teknik Lingkungan IST AKPRIND Yogyakarta menyelenggarakan kuliah umum bagi mahasiswa. Upaya tersebut guna memfalisitasi mahasiswa agar memperoleh pengetahuan dibidang lingkungan, baik dari segi teknologi maupun kemasyarakatan. Kuliah umum diselenggarakan di auditorium IST AKPRIND Yogyakarta, Rabu (19/7).

Kuliah Umum dengan mengangkat judul Science, Technology and Society menghadirkan narasumber yang kompeten serta memiliki keahlian dibidang lingkungan, Prof. Dr.I Gusti Putu Suryadarma, MS., yang juga merupakan Guru Besar Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Menurut Prof. Dr.I Gusti Putu Suryadarma, MS., Science, Technology, Society di Indonesia lebih sering disebut sains, teknologi dan masyarakat lingkungan dapat didefinisikan sebagai pendekatan  belajar/mengajar sains dan teknologi dalam konteks pengalaman manusia. Pendekatan ini diharapkankan mampu menjembatani kesenjangan yang ada. Kesenjangan yang dimaksud adalah pesatnya kemajuan iptek, membanjirnya informasi ilmiah dalam dunia pendidikan, dan nilai-nilai iptek itu sendiri dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Sehingga dengan pemahaman sains, teknologi dan lingkungan masyarakat mampu memberikan pemahaman tentang kaitan antara sains teknologi dan masyarakat, melatih kepekaan penilaian peserta didik terhadap dampak lingkungan sebagai akibat perkembangan sains dan teknologi, sambungnya.

Sementara, Ketua Pelaksana kegiatan yang juga Ketua Jurusan Teknik Lingkungan, Purnawan, S.T., M.Eng, mengungkapkan, melalui kegiatan kuliah umum bagi mahasiswa IST AKPRIND tersebut diharapkan mampu menyandingkan antara teknologi dan masyarakat. Menurut Purnawan, dinamika perubahan lingkungan hanya mampu diatasi oleh sains dan teknologi. Sehingga, walaupun dalam program studi Teknik Lingkungan, materi yang diajarkan selama perkuliahan juga bukan hanya berkutat pada bidang ilmu lingkungan saja, melainkan juga bidang lain yang berkaitan dengan sains & teknologi yang turut menunjang bidang ilmu lingkungan. (tdj)