Proposal Mahasiswa IST AKPRIND Lolos Pendanaan KIBM 2020

0
54

Dua Proposal karya kelompok mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta mampu lolos pendanaan dalam seleksi proposal Program Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020. Lolosnya dua proposal tersebut tertuang dalam Surat yang diterbitkan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bernomor 1957/J3/TU/2020 tertanggal 5 Oktober 2020 perihal Pengumuman Proposal Lolos Pendanaan KIBM Tahun 2020.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan IST AKPRIND, Ir. Joko Waluyo, M.T., pihaknya mengaku gembira dengan lolosnya proposal dua kelompok mahasiswa tersebut. Walaupun jumlah proposal yang lolos belum sebanyak yang ditargetkan, namun pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada para mahasiswa dan dosen pembimbing. Lolosnya dua proposal yang berjudul Her Florist : Costumize Floral Gift Unique and Creative dan Al Hakim Eduhydrofarm tersebut juga menjadi prestasi tersendiri bagi Dosen Jurusan Tenik Geologi IST AKPRIND, Nurul Dzakiya, S.Si., M.Sc. Sebab dua proposal yang mampu lolos pendanaan KIBM tersebut merupakan kelompok mahasiswa yang menjadi bimbingannya.

Her Florist : Costumize Floral Gift Unique and Creative
Dosen pembimbing: Nurul Dzakiya

  • Yosi Eka Apri Heryani (Jurusan Teknik Geologi)
  • Khairil fikri (Jurusan Teknik Geologi)
  • Anggi matuliang (Jurusan Teknik Geologi)
  • Selly Apriani (Jurusan Teknik Informatika)
  • Ridwan illahi (Jurusan Teknik Mesin)

Al Hakim Eduhydrofarm
Pembimbing: Nurul Dzakiya

  • Fany Dzikri Hakim (Jurusan Teknik Geologi)
  • Panji Wahyu Saputra (Jurusan Teknik Geologi)
  • Ridho (Jurusan Teknik Geologi)
  • Fiqhi Alhaqqi Firdaus (Jurusan Teknik Geologi)
  • Arqae Vazzal Hollozen (Jurusan Teknik Geologi)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Prestasi Nasional berupaya mengembangkan dan meningkatkan jumlah mahasiswa wirausaha. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan Program Kewirausahaan Kampus Merdeka 2020. Program Kewirausahaan Kampus Merdeka ini merupakan program yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa dan kemampuan kewirausahaan mahasiswa di Indonesia agar mampu bersaing secara global dengan mengoptimalkan potensi nasional. Program Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) diharapkan dapat menjadi salah satu agenda lomba kemahasiswaan tingkat nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mencapai tujuan membangun semangat kewirausahaan dengan memperkuat jejaring antara Akademisi, Bisnis dan Pemerintah

Kegiatan KIBM 2020 bertujuan untuk:
a. Peningkatan inovasi produk/jasa bisnis mahasiswa;
b. Pengembangan bisnis mahasiswa;
c. Peningkatan pendapatan dan nilai tambah bisnis mahasiswa;
d. Adanya pengakuan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia bagi yang memiliki potensi.