Prodi Informatika selenggarakan Webinar “Belajar Git untuk Pemula”

0
49

Belajar di rumah, bukan berarti hanya rebahan saja, ilmu dan pengetahuan harus tetap diasah. Agar mahasiswa khususnya mahasiswa Informatika IST AKPRIND terus terasah kompetensi nya, komunitas AKPRIND Developer Community (ADC)  menyeienggarakan webinar dengan tema “Belajar Git untuk Pemula . ADC merupakan komunitas belajar IT bagi sivitas akademika IST AKPRIND, baik itu mahasiswa, dosen, maupun alumni yang ingin mendalami berbagai macam ilmu di bidang Teknologi Informasi. Berbagai informasi pembelajaran, event, sharing materi, informasi beasiswa, dll akan dibagikan untuk kemajuan anggota komunitas. Webinar minggu lalu diisi oleh Wafik Ulinuha  dan memoderatori  Ibu Erma Susanti,S.Kom, M.Cs

Dalam seminar online yang sering disebut webinar tersebut Wafik Ulinuha   menyampaikan Git adalah salah satu sistem pengontrol versi (Version Control System) pada proyek perangkat lunak yang diciptakan oleh Linus Torvalds. Pengontrol versi bertugas mencatat setiap perubahan pada file proyek yang dikerjakan oleh banyak orang maupun sendiri.  Saat kita ingin menyimpan semua perubahan pada file, biasanya kita membuat file baru dengan “save as”. Tentunya file akan menumpuk dalam folder, kebiasaan saat menyusun revisi skripsi jangan terulang dalam project yang sebenarnya. Dengan Git, semua perubahan dapat terlihat , penggunaan Git sangat membantu saat beberapa tim  membuat aplikasi secara bersamaan.  Semua perubahan program tersebut akan di simpan kedalam repository Git  dan sering disebut   commit. Setiap melakukan satu perubahan berarti kita melakukan satu commit. Walaupun kita melakukan perubahan sampai 10 kali versi aslinya tidak akan hilang.

Sementara Erma Susanti,S.Kom.M.Cs sebagai dosen Informatika menambahkan penggunaan Git dapat digunakan mahasiswa dalam penyusunan laporan topik khusus yang dikerjakan secara kelompok. Dengan Git manajemen file lebih di koordinator.

Erma menambahkan kegiatan webinar ini akan diselenggarakan rutin dengan narasumber dari dosen, alumni atau dari sesama mahasiswa. Dengan webinar ini diharapkan selama di rumah, mahasiswa mendapatkan ilmu-ilmu yang sangat berguna di dunia kerja . (ist)