Prodi Informatika dan Rekayasa Sistem Komputer Tampil di ajang Arubalympics

0
145

Mahasiswa dari program studi Informatika dan Rekayasa Sistem Komputer saat ini mengikuti kompetisi diajang Arubalympics pada tanggal 5-14 Agustus 2020 formasi team terdiri dari dosen Erma Susanti, S.Kom., M.Cs. dari Informatika dan Windyaning Ustyannie ,S.Si., M.Cs. dari Rekayasa Sistem Komputer beserta 2 mahasiswa dari Informatika dan 2 mahasiswa  Rekayasa Sistem Komputer.

ARUBALYMPICS adalah sebuah inisiatif kolektif yang diprakarsai oleh Aruba, Aptikom, dan Ekoji Academy sebagai bagian dari program link-and-match antara perguruan tinggi dan dunia industri berbasis e-learning dan e-competition.
Aruba (a Hewlett-Packard Enterprise Company) bekerjasama dengan Aptikom dan Ekoji Academy memberikan beasiswa kepada 500 kampus informatika untuk mengikuti pelatihan berbasis e-learning dengan tema bahasan “The Intelligence Campus Network 4.0”.
Beasiswa diberikan kepada satu kelompok delegasi per kampus yang terdiri dari enam orang, masing-masing adalah dua orang dosen dan empat orang mahasiswa. Pelatihan dikemas dalam bentuk sesi pembelajaran secara virtual (asynchrounus e-learning) yang diselenggarakan selama 9 (sembilan) hari “berturut-turut”, dengan perincian topik bahasan sebagai berikut:

  1. Rabu, 5 Agustus 2020 : The New Campus Wireless Standard Wifi 6
  2. Kamis, 6 Agustus 2020 : Next Generation IT Experience with CX Switch
  3. Jumat, 7 Agustus 2020 : Remote Teaching and Learning Solution
  4. Sabtu, 8 Agustus 2020 : Network First Line Defense of Cyber Threat
  5. Senin, 10 Agustus 2020 : Beware with Invisible Devices in Your Network
  6. Selasa, 11 Agustus 2020 : Simple but Secure Network Security
  7. Rabu, 12 Agustus 2020 : Switch Technology Analytics with Artificial Intelligence
  8. Kamis, 13 Agustus 2020 : Academian Experience Insight
  9. Jumat, 14 Agustus 2020 : Artificial Intelligence in Future Wireless Network

Peserta pelatihan yang menyelesaikan proses pembelajaran setiap harinya akan memperoleh Certificate of Attendance di bidang topik bahasan terkait yang dikeluarkan secara kolektif oleh Aruba, Aptikom, dan Ekoji Academy.
Pada akhir setiap sesi harian, peserta akan diminta untuk mengikuti Kuis Online untuk memastikan penguasaan partisipan akan topik bahasan. Jika berhasil lulus (minimum nilai 65 dari skala 100), peserta didik akan memperoleh Certificate of Completion yang dikeluarkan secara kolektif oleh Aruba, Aptikom, dan Ekoji Academy.
Kecepatan dan ketepatan partisipan dalam menyelesaikan Kuis Online dimaksud akan dilombakan secara khusus dimana 50 (lima puluh) peserta dengan nilai tertinggi akan mendapatkan Certificate of Appreciation dengan kategori Golden (10 orang), Sliver (15 orang), dan Bronze (25 orang).
Bagi mereka yang berhasil memperoleh secara lengkap sembilan buah Certificate of
Completion akan mendapatkan Certificate of Proficiency yang dikeluarkan oleh
Aruba International – lengkap dengan transkrip nilai yang diperoleh.
Pada akhir program, 25 (dua puluh lima) perguruan tinggi yang paling banyak memperoleh Certificate of Appreciation akan mendapatkan penghargaan khusus berupa Arubalympics Campus of the Year Award yang dikeluarkan oleh Aruba International yang di-endorsed oleh berbagai asosiasi profesi informatika di Indonesia.
Kampus penerima beasiswa pelatihan internasional ini diseleksi secara kolektif oleh Aptikom dan Aliansi Youtuber Ekoji Channel (Rajawali-34), dimana seluruh provinsi di Indonesia akan diwakili oleh minimum 10 perguruan tinggi yang memiliki program studi informatika atau sejenisnya.

sumber