Presiden Direktur PT. Wilmax Control Systems, Suyatno Bagikan Kiat Sukses di Dunia Industri

0
304

Jurusan Teknik Mesin, Institut Sains & Teknologi AKPRIND (IST AKPRIND) Yogyakarta menghadirkan sesi kuliah tamu bersama praktisi berpengalaman yang berkarir di bidang industri (30/06). Sesi Expert Learning ini mengangkat tema Budaya dan Etika Kerja di Industri dengan narasumber Suyatno, S.T., Presiden Direktur PT. Wilmax Control Systems, alumni Jurusan Teknik Mesin IST AKPRIND angkatan 1996. 

Sebanyak seratus mahasiswa mengikuti sesi kuliah umum ini dengan antusiasme yang tinggi. Acara diawali dengan sambutan dari Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama. Sesi kuliah tamu ini juga turut dihadiri oleh para Dosen Jurusan Teknik Mesin. 

Pada sambutannya, Emy memaparkan jika kuliah tamu ini merupakan sebuah upaya untuk menutup kesenjangan kompetensi lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan industri. Harapannya melalui ilmu dan pengalaman yang dibagikan oleh narasumber, mahasiswa dapat belajar secara mendalam langsung dari narasumber yang telah punya track record dan pengalaman. Dengan cara ini, mahasiswa bisa lebih siap secara mental dan psikis saat memasuki dunia kerja. 

Pada sesi tersebut, narasumber selaku Presiden Direktur PT. Wilmax Control Systems berkesempatan untuk membagi pengalamannya selama berkarir sebagai engineer, mulai dari saat merintis karir, hingga kini telah menjadi petinggi di salah satu perusahaan multinasional. Tak hanya itu, ia juga membagikan tips dan kiat-kiat untuk memasuki dunia kerja.

“Saat memasuki dunia kerja, yang paling penting adalah persiapkan mental. Selain itu juga penting untuk menguasai Bahasa Inggris. Sekarang perusahaan multinasional mensyaratkan untuk bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Saya dulu pernah mengalami pengalaman pahit, yakni ditolak 20 perusahaan karena tidak bisa berbicara dalam Bahasa Inggris. Jadi, dari pengalaman pahit yang saya alami, saya harap kawan mahasiswa semua bisa mengambil pelajaran dan jangan sampai hal ini terjadi pada kalian. Selanjutnya, kuasailah satu software yang bisa membantu kita untuk menghadapi teknologi saat ini. Selain itu, kita harus disiplin. Usahakan jangan sampai orang lain menunggu kita. Orang yang tidak disiplin cenderung akan melewatkan kesempatan,” papar Suyatno. 


Suyatno, S.T., merupakan sosok yang telah berkecimpung di dunia industri selama 20 tahun. Pria yang menempuh studi S1 pada Jurusan Teknik Mesin IST AKPRIND ini mengawali karirnya sebagai maintenance engineer di PT. Yoshikawa Electronics Bintan pada tahun 2002. Ia juga pernah bekerja di PT. Panasonic, PT. Petrotech Batam, Wilmax Control System PTE LTD., PT. Bredero Shaw Indonesia, dan kini menjadi Presiden Direktur di PT. Wilmax Control Systems. Ia ahli dalam bidang mechanical and instrument packages, seperti hydraulic & pneumatic equipment, hydraulic power unit, wellhead control panels, chemical injection skids and flooding systems in the Oil and Gas Industries. (humas)