Pertama Pascapandemi, IST AKPRIND Yogyakarta Selenggarakan Wisuda Luring

0
117

Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta menyelenggarakan wisuda Periode I Tahun Akademik 2021/2022 secara luring di hotel The Rich Jogja, Sabtu (02/10). Ini merupakan kali pertama bagi IST AKPRIND menyelenggarakan wisuda secara tatap muka (luring) selama pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal 2020 lalu. Meski dilaksanakan secara luring, wisuda tetap digelar dengan protokol kesehatan yang ketat dan hanya dihadiri oleh wisudawan, Ketua Yayasan Pembina Potensi Pembangunan Ir. Sagoro Wedy, M.M., Bendahara Yayasan Erhanuddin Setya Wibawa, S.T., M.Sc., serta Senat Akademik IST AKPRIND Yogyakarta. Pada periode ini IST AKPRIND Yogyakarta berhasil mewisuda 203 lulusan yang terdiri dari 173 wisudawan program Sarjana dan 30 wisudawan program Diploma.

Lulusan terbaik program sarjana Periode I Tahun Akademik 2021/2022 diraih oleh Fitrahlia Nurul Krisdianingrum dari program studi Teknik Industri dengan IPK 3,95 dan lama studi 4 tahun. Sementara lulusan terbaik program Diploma diraih oleh Vika Lautania Ashari dari program studi Teknologi Industri yang lulus dengan IPK 3,91 dengan lama masa studi 3 tahun, demikian disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr.Ir. Toto Rusianto, M.T., dalam pembacaan Surat Keputusan Rektor Nomor: 004/Skep/Rek/IX/2021 tertanggal 6 September 2021 tentang Kelulusan Program Strata-1 dan Program Diploma-3 pada Wisuda Periode I Tahun Akademik 2021/2022.

Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., atas nama pimpinan dan sivitas akademika IST AKPRIND mengucapkan selamat kepada para lulusan atas keberhasilannya menyelesaikan masa studi di IST AKPRIND. Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada orang tua/wali atas keercayaannya kepada IST AKPRIND sebagai tempat menempuh studi putra-putrinya. Tak lupa Rektor menyampaikan permohonan maaf karena pada prosesi wisuda periode ini belum dapat mengundang orang tua/wali karena harus memenuhi protokol pencegahan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah. Mohon agar keadaan ini dapat dimaklumi dan tidak mengurangi kebahagiaan para wisudawan pada momen kelulusan ini. Rektor juga berpesan bahwa meskipun sudah menyandang gelar Sarjana maupun Ahli Madya, tapi ada satu catatan penting yakni kesuksesan bukan merupakan hal yang datang secara tiba-tiba, melainkan hal yang yang diraih dengan cara yang cerdas, direncanakan, dan memerlukan proses yang tidak sebentar. Gelar baru yang disandang merupakan sebuah tanggung jawab baru yang harus diemban. Para wisudawan harus mampu membuktikan ilmu dan kompetisi yang dimiliki dan mengabdikannya demi kepentingan nusa, bangsa, dan negara, imbuhnya.

Rektor mengungkapkan pada bulan Oktober ini IST AKPRIND berhasil mendapatkan izin pembukaan untuk Program Studi Rekayasa Mesin Program Magister, sehingga kini IST AKPRIND untuk pertama kalinya memiliki 1 program studi di tingkat Magister. Adapun hingga saat ini IST AKPRIND menyelenggarakan 13 program studi yang terdiri dari 10 Program Studi Sarjana dan 2 Program Studi Diploma. Selain itu, pada tahun 2021 ini IST AKPRIND berhasil menduduki peringkat 90 untuk Klasterisasi Perguruan Tinggi. Tak hanya itu, IST AKPRIND juga meraih predikat UTAMA untuk Klasterisasi Kinerja Penelitian, predikat MEMUASKAN pada Klasterisasi Kinerja PKM, serta menempati peringkat pertama untuk Pengelolaan Bidang Kemahasiswaan di LLDIKTI Wilayah V DIY. IST AKPRIND pada tahun ini juga menempati peringkat ke-89 Perguruan Tinggi se-Indonesia atau peringkat ke-8 di wilayah DIY versi Webometrics. (rsw)