Pertama di Yogyakarta, Program Studi Bisnis Digital

0
514

Program Studi Bisnis Digital pada program Sarjana akhirnya hadir di Yogyakarta. Institut Sains dan Teknologi AKPRIND menjadi Perguruan Tinggi pertama di Yogyakarta yang memiliki program studi prospektif ini. Hadirnya program studi Bisnis Digital pada program Sarjana di Institut Sains dan Teknologi AKPRIND berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 87/E/0/2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi Bisnis Digital Program Sarjana pada Institut Sains dan Teknologi AKPRIND di Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pembina Potensi Pembangunan, tertanggal 5 April 2021.

Salinan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 87/E/0/2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi Bisnis Digital Program Sarjana pada Institut Sains dan Teknologi AKPRIND diserahkan secara resmi oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V DIY, Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt., kepada Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., Jum’at (16/4) diruang Sidang Utama IST AKPRIND Yogyakarta. Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt., yang hadir didampingi oleh Sekretaris Lembaga Bhimo Widyo Andoko., S.H., M.H, menyampaikan bahwa terbitnya keputusan Mendikbud ini bukan menjadi akhir namun merupakan proses awal dalam melahirkan Program Studi Bisnis Digital. Program Studi baru ini ibarat bayi yang harus dirawat dengan baik dan asupan gizinya juga harus terpenuhi. Dengan lahirnya program studi ini, seluruh jajaran IST AKPRIND dan Yayasan selaku badan penyelenggara harus komitmen dan kompak agar program studi tetap sehat serta harus mampu dibuktikan dengan akreditasi. Dengan membuka program studi Bisnis Digital secara tidak langsung telah memaksa IST APRIND untuk memberi contoh, sehingga juga harus dibuktikan kepada masyarakat bahwa digitalisasi sudah diterapkan di IST AKPRIND. Kepala LLDIKTI Wilayah V DIY ini menambahkan, bahwa selanjutnya tugas besar LLDikti adalah memantau dan membantu merawat pprogram studi tersebut. Dengan memiliki Tim Fasilitator Mutu Perguruan Tinggi, LLDIKTI dapat memantau dan memberikan respon yang cepat apabila timbul gejala tidak sehat pada perguruan tinggi. Tim tersebut yang akan turut hadir mendampingi perguruan tinggi supaya tepat sehat dan bermutu. Dengan mutu yang semakin baik, maka akan banyak mahasiswa yang datang, dan meningkatkan kredibilitas pendidikan di DIY.

Sementara itu Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., menyampaikan terimakasih kepada LLDIKTI yang selama ini telah membantu proses pengusulan prodi Bisnis Digital IST AKPRIND hingga sampai ke Pusat serta memantau perkembangannya setiap saat. Beliau juga berharap IST AKPRIND selalu mendapatkan arahan dan pendampingan dari LLDIKTI dalam menyelenggarakan kegiatan opersional pendidikan tinggi. Penambahan program studi baru ini menjadi pintu baru pula bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan berkuliah di IST AKPRIND. Saat ini IST AKPRIND telah memiliki 9 program studi Sarjana serta dua program studi Diploma Tiga. Sehingga dengan hadirnya program Studi Bisnis Digital tersebut, kini IST AKPRIND memiliki Sepuluh Program Sarjana dan dua program Diploma. Sebagai program studi baru dan masih menjadi satu-satunya yang ada di Yogyakarta, IST AKPRIND komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan dengan kualitas dan mutu yang baik. Sebab penyelenggaraan pendidikan pada program studi Bisnis Digital yang ada di IST AKPRIND akan menjadi referensi bagi calon mahasiswa yang ingin bergabung pada program tersebut.

Penyerahan salinan Keputusan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 87/E/0/2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi Bisnis Digital Program Sarjana pada Institut Sains dan Teknologi AKPRIND di Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Yayasan Pembina Potensi Pembangunan turut dihadiri oleh Ketua Yayasan Pembina Potensi Pembangunan selaku badan penyelenggara IST AKPRIND, Ir. Sagoro Wedy, M.M. Hadir pula pada kesempatan tersebut, Bendahara Yayasan, Erhanuddin Setya Wibawa, S.T., M.Sc, Ketua Senat Akademik IST AKPRIND, Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.T., para Wakil Rektor IST AKPRIND, Plh. Dekan Fakultas Teknologi Industri, serta para dosen program studi Bisnis Digital. Sementara dari LLDIKTI selain dihadiri olek Kepala dan Sekretaris Lembaga, sejumlah pejabat juga turut mendampingi seperti Kepala Bagian TU LLDikti Wilayah V, Taufiqurrahman, S.E., Koordinator Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi LLDikti Wilayah V, Sukarsono Windu Kumoro, S.Kom., M.Kom., dan Penyelia Fasilitasi Peningkatan Mutu Eksternal LLDikti Wilayah V, Sudarno, S.Sos dan sejumlah staff Kelembagaan LLDIKTI. (tdj)