Pembekalan Wisuda Periode Semester Genap 2016-2017

0
526

Calon wisudawan periode Semester Genap TA 2016/2017 mendapatkan bekal yang berarti ketika mendapatkan pencerahan serta sharing pengalaman dengan alumni yang telah bekerja pada suatu instansi serta informasi yang lengkap dari dinas terkait. Hal tersebut terlihat dari antusiasme calon wisudawan saat mengikuti pembekalan wisuda di Auditorium IST AKPRIND, Selasa (23/5)

Dengan mengangkat tema “Mengembangkan Potensi Diri, Menata Sukses Masa Depan” pembekalan Wisuda periode semester Genap TA 2016-2017 diselenggarakan tepat satu hari sebelum pelaksanaan wisuda yang rencananya akan diselenggarakan di Jogja Expo Center mulai pukul 09.00 besok pagi. Pembekalan Wisuda dibuka oleh rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T.  tepat pukul 09.00. Dengan menghadirkan dua narasumber dari latar belakang yang berbeda diharapkan mampu menambah wawasan dan pengetahuan para calon wisudawan. Hadir sebagai narasumber pembekalan, Yusran Yaman, S.T., alumni jurusan Teknik Kimia yang saat ini berkarir di PT. Wilmar Chemical Indonesia. Serta Dra. Ch. Lucy Irawati selaku Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta.

Meurut Yusran, kebanyakan mahasiswa mengalalmi kebingungan saat lulus ataupun menjelang lulus. Kebingungan tersebut dikarenakan antara lain harus kemanakah setelah lulus nanti, apakah akan berkarir pada dunia kerja ataukah akan berwiraswasta. Sementara kebingungan yang lainnya adalah kemana harus bekerja? apakah bidang kerja nantinya sesuai dengan minat, bakat serta latar belakang pendidikan ataukah merupakan dunia baru yang belum pernah didapatkan selama perkuliahan. Sehingga dibutuhkan persiapan yang matang serta strategi dalam memecahkan masalah-masalah tersebut. Sementara Dra. Ch. Lucy Irawati mengemukakan, pengangguran yang terdata di wilayah kota Yogyakarta pada tahun 2016 sebanyak 6.721 orang, sementara yang tidak terdata atau pengangguran yang tak nampak dimungkinkan lebih banyak lagi. Untuk itu perlu adanya penangangan yang lebih serius lagi. Permasalahan ketenagakerjaan di kota Yogyakarta antara lain disebabkan oleh : SDM dari pencari kerja kurang memiliki kompetensi sehingga tidak memenuhi yang disyaratkan oleh perusahaan ditambah lagi Sertifikasi dan Akreditasi Tenaga Kerja yang ada belum optimal. Permasalahan lainnya keterbatasan lowongan sehingga tidak semua pencari kerja dapat terserap serta adanya trend memilih pekerjaan dan kurangnya kemauan masyarakat untuk bekerja diluar daerah dan kurangnya minat untuk berwirausaha.

Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaaan dan Alumni (BAKA) IST AKPRIND Yogyakarta, Eko Wijanarko, B.Sc mengungkapkan bahwa penyelenggaraan pemebekalan wisuda merupakan upaya mengenalkan calon wisudawan dengan dunia baru yang akan dihadapinya nanti, sehingga pihaknya berupaya menghadirkan narasumber yang relevan dengan permasalahn tersebut. Disamping itu BAKA IST AKPRIND berupaya menjembatani lulusan yang ingin berkarir di dunia kerja dengan digelarnya secara rutin On Campus Recruitment atau rekrutmen tenaga kerja di kampus IST AKPRIND dengan menggandeng perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia sebagai upaya menmperpendek masa tunggu alumni dalam memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. (tdj)