Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Internasional, hadirkan Dosen Luar Negeri

0
52

Menulis karya ilmiah untuk dipublikasikan pada Jurnal Internasional ber-reputasi merupakan salah satu tugas dan kewajiban bagi dosen. Sebab pada tahun 2017 Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menerbitkan regulasi yang mewajibkan dosen untuk membuat karya ilmiah untuk memperoleh tunjangan profesi dosen dan tunjangan kehormatan guru besar. Peraturan ini membuat Perguruan Tinggi terus mengasah kemampuan para dosennya agar piawai menulis di jurnal ilmiah internasional dengan reputasi tinggi. Demikian pula dengan IST AKPRIND, yang  melatih berupaya kemampuan para dosennya dengan menyelenggarakan “ ” bagi Dosen IST AKPRIND Yogyakarta” di Ruang Sidang Utama, Kamis-Jum’at (20-21/6).

Hadir sebagai pemateri dalam Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Internasional adalah Professor Dr. Rizalman Mamat (Faculty of Mechanical Engineering) dan Dr. Mohd Sahrir Mohd Sani, Deputy Director AEC (Automotive Engineering Centre). Kedua narasumber tersebut merupakan pengajar di Universitas Malaysia Pahang (UMP). Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., saat membuka pelatihan tersebut berharap agar dalam pelatihan terebut benar-benar mampu dimanfaatkan oleh para dosen IST AKPRIND. Sehingga mampu memberikan pencerahan dan wawasan cara menulis ilmiah yang baik agar dosen tidak gamang dan ragu-ragu untuk mengirimkan tulisan ilmiahnya ke jurnal Internasional bereputasi.

Ketua Panitia kegiatan, Dr. Muchlis, SP., M.Sc, yang juga menjabat sebagai Kepala Divisi Urusan Internasional IST AKPRIND mngungkapkan bahwa pelatihan penulisan artikel jurnal internasional merupakan salah satu bentuk tindaklanjut kerjasama internasional antara IST AKPRIND dan Universiti Malaysia Pahang. Sebelumnya, dosen IST AKPRIND, Ellyawan SA, S.T., M.Sc., Ph.D juga pernah mendapatkan kehormatan untuk menjadi Guest Lecture dihadapan Mahasiswa Universiti Malaysia Pahang ditahun 2017 lalu. (tdj)