Pelatihan Pelayanan Prima bagi Tendik IST AKPRIND

0
202

Kepuasan pelanggan merupakan kata kunci dalam sebuah pelayanan. Baik itu pelayanan dalam produk barang maupun jasa, tak terkecuali dengan Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi merupakan institusi pelayanan terhadap masyarakat dalam jasa pendidikan. Namun bukan hanya terbatas itu semata, Perguruan Tinggi juga memungkinkan memiliki sebuah produk berupa barang yang akan digunakan oleh pelanggan. Sehingga pelayanan pada sebuah institusi perguruan tinggi juga harus memberikan pelayanan yang mampu memberikan kepuasan terhadap pelanggan atau stakeholder, yaitu pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap IST AKPRIND. Berdasar itulah IST AKPRIND menyelanggarakan Pelatihan Pelayanan Prima bagi Tenaga Kependidikan, Kamis-Jumat (24-25/6) di Auditorium IST AKPRIND Yogyakarta.

Dra. Ninda Nindiani, M.A., yang sejak tahun 90an di Yogyakarta dikenal sebagai pembawa acara, penyiar radio, serta presenter pada stasiun televisi dihadirkan sebagai narasumber pada pelatihan ini. Dra. Ninda Nindiani, MA, penulis buku “Sukses Jadi MC Profesional, Positif dan Inspiratif” yang juga pendiri First Step dan penerima penghargaan Perempuan Inspiratif NOVA 2014 untuk kategori pendidikan diharapkan mampu memberikan edukasi serta sharing pengalaman kepada Tenaga Kependidikan IST AKPRIND Yogyakarta. Menurut Ninda Nindiani perguruan tinggi memiliki banyak sekali hubungan dengan pihak-pihak yang berkepentingan atau stakeholder. Baik itu mahasiswa, calon mahasiswa, orangtua mahasiswa maupun institusi lain. Sehingga setiap pegawai harus mampu bersikap profesional terhadap stakeholder maupun rekan kerja. Profesional merupakan kunci dalam memberikan pelayanan kepada pihak lain. Profesional hanya dapat dicapai jika pegawai memiliki kompetensi, komitmen, etika maupun etiket, kemampuan komunikasi yang baik, berorientasi pada pelayanan, bangga dengan profesinya serta bahagia sehingga bekerja sepenuh hati. Dengan profesional maka pelayanan prima yang berorientasi pada kebutuhan dan harapan pelanggan dalam hal ini stakeholder dapat tercapai dengan meminimalkan kesalahan. Ninda Nindiani mengajak setiap pegawai mengawali hari dengan bahagia sehingga kebahagiaan tersebut akan selalu terjaga setiap hari yang memberikan dampak terhadap orang-orang disekitar kita juga merasa bahagia jika bertemu atau berkomunikasi dengan kita.

Pelatihan Pelayanan Prima bagi Tenaga Kependidikan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keungan, Catur Iswahyudi, S.Kom. S.E., M.Cs. Pada kesempatan tersebut hadir pula Ketua Yayasan Pembina Potensi Pembangunan, Ir. H. Sagoro Wedy, M.M., beserta jajaran pengurus yayasan. Hadir pula rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Edhy Sutanta, S.T. M.Kom beserta para Wakil Rektor. Terpisah, Kepala Bagian Kepegawaian IST AKPRIND, Agustinus Susilo, S.E., berharap dengan adanya pelatihan tersebut Tenaga Kependidikan IST AKPRIND mampu memberikan kesan yang baik terhadap setiap orang yang bertemu. Sehingga image positif pegawai bagi masyarakat akan menjadi promosi yang positif bagi institusi. Pegawai diharapkan juga lebih semangat dalam memajukan institusi dengan memberikan kepuasan bagi pelanggan yang semakin berkembang baik cara, etika maupun teknologinya. (tdj)