Orangtua Harus Melek Dunia Digital

0
34

Masyarakat saat ini sudah tidak bisa melepaskan dan menghindar dari perkembangan dunia digital. Masyarakat mulai dari anak-anak setiap hari bersinggungan dengan dunia digital. Sehingga orangtua tidak bisa mengabaikan dunia digital dan harus turut terlibat dalam memantau perkembangan anak dengan ikut memahami aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh putra-putrinya.

Dalam rangka kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM). Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi Unggulan di bidang Sains dan Teknologi khussnya Program Studi Teknik Informatika menyelengarakan Sosialisasi Pendidikan Anak di Era Digital kepada para orang tua dan remaja dusun Jombok/siten, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. Kegiatan tersebut di selenggarakan pada hari Kamis tanggal 11 Juli 2019 bertempat di Ruang Pertemuan RT 07 Dusun Jombok/Siten, Desa Sumbermulyo yang di ikuti oleh peserta sekitar 20 warga yang terdiri dari orang tua dan remaja warga setempat

Dosen yang juga Ketua Jurusan Teknik Informatika Uning Lestari, ST, M.Kom selaku pelaksana kegiatan sekaligus pemateri dalam kegiatan Abdimas tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan Abdimas tersebut dilaksanakan dengan memberikan pengarahan berupa sosialisasi tentang “ Sistem Edukasi di Era Digital “ untuk para orang tua dan remaja. Menurut Uning Lestari, ST, M.Kom, kegiatan tersebut bertujuan agar orang tua dapat memonitor situs web yang pernah dikunjungi serta aplikasi-aplikasi yang digunakan putra-putrinya. Sehingga orang tua dapat memastikan anak tidak mengunjungi situs yang tidak sesuai usia. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang rutin diselenggarakan oleh dosen-dosen di lingkungan IST AKPRIND Yogyakarta.

sumber