Olimpiade Matematika 2019, MAN 2 Sleman boyong Trophy Gubernur DIY

0
19

Sebagai upaya menumbuhkan pola pikir remaja dan pelajar bahwa Matematika itu tidak sulit tetapi menyenangkan, Himpunan Mahasiswa Statistika IST AKPRIND (HIMASTA) kembali menyelenggarakan Olimpiade Matematika (OLMAT) Tingkat SMA/MA/SMK se Jateng DIY. Mengusung tema “Mengintegrasikan Prestasi & Intelektual Demi Mewujudkan Generasi Millenial yang Matematis”, OLMAT  diselenggarakan di Auditorium IST AKPRIND, Senin (28/1) lalu. Pada Olmat di awal tahun 2019 ini diikuti 92 peserta dari sejumlah SMA/MA/SMK dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tampil sebagai juara I, Sultan Alta Alvaro Valencia dari MAN 2 Sleman. Dengan menjadi yang terbaik Sultan Alta Alvaro berhak memboyong trophy bergilir Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X serta trophy tetap dari Walikota Yogyakarta. Juara 2 diraih Abdul Rasyid Faqih  dari SMAN 1 Andong, sehingga berhak atas trophy Rektor IST AKPRIND. Sementara Bagus Ferdian Nur A dari MAN 3 Bantul meraih peringkat 3 sehingga berhak atas trophy Dekan Fakultas Sains Terapan.

Dalam acara yaag dibuka Dekan Fakultas Sains Terapan, Dra. Noeryanti, M.Si ini juga diselenggarakan  Talkshow dengan narasumber alumni IST AKPRIND Dody Rifai Deny Boy Sihite dan Zulfikar Adi Nugroho. Para alumni turut berbagi pengalaman bahwa logika matematika sangat bermanfaat dalam kehidupan kususnya dalam dunia kerja. Dalam kegiatan ini para narasumber juga mengajak para siswa peserta olmat untuk selalu enjoy dalam mengikuti lomba.

Ketua Panitia OLMAT IST AKPRIND 2019 Wayan Dwi Kurniawan yang didampingi Ketua HIMASTA M. Feisal Akbar mengungkapkan bahwa masyarakat masih menganggap jika matematika merupakan hal yang sulit dan membosankan. Padahal kenyataannya, matematika merupakan hal yang mudah dan menyenangkan. Harapannya dengan kegiatan ini dapat digunakan oleh pelajar SMA/MA/SMK untuk menuangkan pikiran dan logika dalam bidang matematika pada khususnya.

Sementara Ketua Jurusan Statistika Kris Suryowati, S.Si, M.Si  menyebutkan bahwa salah satu visi dari Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) adalah meningkatkan sumber daya manusia baik internal maupun eksternal. Untuk menjaga eksistensinya HIMASTA selalu berusaha aktif dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat memajukan Sumber Daya Manusia khususnya di Institut Sains dan  Teknologi AKPRIND Yogyakarta dan masyarakat sekitar pada umumnya.  Melalui kegiatan ini  jurusan Statistika IST AKPRIND juga  berupaya untuk menjalin kerjasama antara institut dengan perusahaan atau instansi terkait, untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kegiatan kemahasiswaan sehingga terjadi Link & Match. Serta mendukung usaha-usaha untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berwawasan tinggi, kreatif, dan berdaya saing.

(tdj)