Muhamad Nur Ichsanudin Lolos Program Bangkit Kemdikbud 2021

0
544

Muhamad Nur Ichsanudin mahasiswa IST AKPRIND dari jurusan Sistem Komputer, Fakultas Sains Terapan lolos seleksi nasional Program Bangun Kualitas Manusia Indonesia (Bangkit) yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti Kemdikbud bekerjasama dengan Google, Gojek, Tokopedia dan Traveloka

Muhamad Nur Ichsanudin merupakan mahasiswa angkatan 2018 yang masuk sebagai mahasiswa baru di IST AKPRIND melalui seleksi program Beasiswa Sampai Lulus Sarjana. Alumni SMA Negeri 3 Boyolali akan bergabung dengan 3000 talenta digital terampil lainnya dari seluruh Indonesia untuk mengikuti pembinaan dibidang digital guna menyiapkan sembilan juta talenta digital terampil pada tahun 2030 mendatang. Dengan lolos dalam program Bangkit 2021, Muhammad Nur Ichsanudin akan ikut serta dalam mengimplementasikan Kampus Merdeka melalui studi/proyek independen untuk mendapatkan kompetensi di bidang machine learning, mobile development, dan cloud computing.

Bangkit adalah program pendidikan yang ditujukan untuk mahasiswa yang ingin mempelajari dasar-dasar Machine Learning, Pemrograman Android, atau Cloud Computing, dan akan ditawarkan melalui Kampus Merdeka untuk memilih siswa yang memenuhi syarat tahun depan dari seluruh Indonesia. Terbuka untuk 3000 peserta, siswa terpilih akan mengikuti pengalaman belajar online Bangkit selama 18 minggu yang akan dimulai pada Februari 2021. Bangkit adalah program kesiapan karier yang dibuat oleh Google dan dijalankan dengan dukungan dari berbagai perusahaan seperti dari Gojek, Tokopedia, Traveloka, Deeptech Foundation. Program ini dirancang untuk memberi peserta paparan langsung dengan praktisi dari industri dan akan mempersiapkan peserta dengan keterampilan yang relevan untuk karir yang sukses di perusahaan teknologi terkemuka. Peserta dapat memilih dari jalur Android, Cloud, atau Machine Learning, selain itu mereka juga akan mempelajari keterampilan penting seperti metodologi berpikir desain, kepemimpinan, komunikasi, dan keterampilan presentasi. Setelah berhasil menyelesaikan program ini, peserta akan diundang ke pameran karier virtual, di mana mereka akan memiliki akses peluang kerja di perusahaan terkemuka di Indonesia. Pada akhir semester, sepuluh tim proyek akhir akan dipilih untuk pengembangan lebih lanjut termasuk dana inkubasi hibah dan dukungan dari Universitas mitra Bangkit yang ditugaskan. Peserta yang menyelesaikan program ini akan memenuhi syarat (tergantung persetujuan universitas peserta) hingga 20 kredit studi universitas (SKS). (tdj)