Mobil Hemat Energi Karya Mahasiswa IST AKPRIND Yogyakarta Bertanding di Singapura

0
335

Dua tim mahasiswa Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta telah mewakili Yogyakarta dan Indonesia dalam ajang lomba mobil hemat energi dalam Shell Eco-Marathon (SEM-A) 2017 di Singapura, 16-19 Maret 2017. Tim IST AKPRIND merupakan satu-satunya PTS di DIY yang masuk dalam kompetisi tersebut. Dua tim mahasiswa IST AKPRIND yang bertanding di Singapura adalah Tim Mataram Proto dan Tim Kalisahak 28. Setiap tim beranggotakan 6 mahasiswa dan satu manajer serta didampingi satu dosen pembimbing.

Tim Kalisahak 28 menampilkan mobil hemat energi dengan bahan bakar ethanol. Tim ini akan mengikuti ajang SEM-A 2017 di kategori Urban Ethanol. Sebelumnya tim ini pernah menjuarai runner up pada kategori yang sama dalam ajang Indonesia Energy Marathon Chalenge (IEMC) 2014 di Surabaya dan pernah mengikuti ajang yang sana di SEM-A 2015 di Philipina. Dalam uji coba terakhir, mobil Kalisahak 28 ini mampu dipacu dengan jarak tempuh 127 kilometer untuk satu liter bahan bakar.

Tim Mataram Proto menampilkan mobil hemat energi dengan kategori prototype Diesel. Kelebihan kendaraan ini adalah aerodinamis, desain futuristik, dan aman. Kendaraan tersebut dalam uji coba engine mencapai 261/1 (sebelum dilakukan perombakan).

 

Sumber:
http://www.republika.co.id/berita/otomotif/mobil/17/02/27/om160m359-mobil-hemat-energi-ist-akprind-yogya-bertanding-di-singapura#
https://oto.detik.com/mobil/d-3433495/mobil-hemat-energi-karya-mahasiswa-yogyakarta-berlaga-di-singapura

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here