Menuju IST AKPRIND Unggul dengan Fakultas Baru: Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis

0
162

Institut Sains & Teknologi AKPRIND (IST AKPRIND) Yogyakarta telah mencapai usia emasnya dengan segala perjuangan yang ditempuh untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dies Natalis ke-50 mengusung tema “Tumbuh dan Berinovasi Menuju IST AKPRIND Unggul” dengan puncak acara pada 12 Mei 2022. Tema yang diusung bukan semata menjadi slogan saat hari jadi institut dikenang dan diselebrasikan. Saat ini, IST AKPRIND terus melakukan perubahan dan penyesuaian program dan kegiatan dalam rangka mencapai visi unggul di bidang sains & teknologi dengan reputasi internasional, salah satunya dengan pembentukan fakultas baru.

IST AKPRIND resmi membuka satu fakultas baru, yakni Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis tanggal 13 Mei 2022 sesuai dengan Keputusan Rektor Nomor: 056/Skep/Rek/V/2022 tentang Pembentukan Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis (FTIB). FTIB mewadahi tiga program studi, yakni Informatika (S1) dan Bisnis Digital (S1) yang sebelumnya berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Industri, serta Rekayasa Sistem Komputer (S1) yang sebelumnya di bawah naungan Fakultas Sains Terapan.

Penyerahan Surat Keputusan Rektor tentang Penunjukan Dekan dan Pj. Wakil Dekan FTIB dilaksanakan di ruang kerja pimpinan IST AKPRIND, Senin (23/05). Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., pada kesempatan tersebut menyerahkan secara langsung dokumen SK kepada Dekan FTIB Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., serta Pj. Wakil Dekan FTIB Renna Yanwastika Ariyana, S.T., M.Kom. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor, Para Wakil Rektor, Para Dekan, dan Para Ketua Jurusan di lingkungan IST AKPRIND.

Pembentukan FTIB merupakan bagian upaya IST AKPRIND untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan pengelolaan program pendidikan, sekaligus mengantisipasi perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat. Rektor mengungkapkan dengan hadirnya fakultas ini ke depan pengelolaan program studi di bidang teknologi akan lebih fokus. Lebih lanjut ia juga berharap nantinya prodi-prodi yang berada di bawah naungan FTIB diharapkan mampu menemukan dan menawarkan keunikan dan keunggulan masing-masing. Hal ini penting karena kompetisi prodi di bidang teknologi informasi sangat ketat.

“Dengan mempertimbangkan kompetensi dan kualifikasi pimpinan fakultas dan dosen yang ada, saya yakin FTIB akan maju, tumbuh, dan berkembang menjadi unggulan baru di IST AKPRIND. FTIB kita jadikan motor untuk optimalisasi pengembangan dan penggunaan teknologi informasi baik dalam ranah akademik, maupun nonakademik, juga di masyarakat” ujar Rektor di sela sambutannya pada acara penyerahan SK Dekan dan Pj. Wakil Dekan FTIB. Ia menambahkan, dengan adanya FTIB, kini IST AKPRIND memiliki 4 fakultas yakni Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Sains Terapan, Fakultas Teknologi Industri, dan yang terbaru FTIB dengan 10 Jurusan/Program Studi S1, 2 Prodi D3, dan 1 Prodi Magister. (humas)