Mataram Proto dan Kalisahak 28, Ukir Prestasi di KMHE 2019

0
35

Tim Mataram Proto IST AKPRIND Yogyakarta mampu mengukir prestasi yang membanggakan di ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019. Pada ajang KMHE yang diselenggarakan di Universitas Negeri Malang, Selasa-Sabtu (24-28/9) tersebut, Mataram Proto yang tampil pada kategori Prototipe dengan mesin diesel mampu meraih posisi runner up setelah menempuh jarak 331,4 Km. Mataram Proto hanya kalah dari tim Apatte62 dari Universitas Brawijaya yang mampu menempuh jarak 381,67 Km. Sedangkan peringkat ketiga diraih oleh tim Tawang Alun Universitas Jember.

Keberhasilan tim Mataram Proto diikuti oleh tim IST AKPRIND lainnya yang tampil pada kategori Urban dengan menggunakan bahan bakar Ethanol. Dengan kendaraan Kalisahak 28, tim tersebut mampu menempuh jarak sejauh 229,97 Km. Kalisahak 28 harus mengakui Nogogeni ITS (runner up) dan Tim Appate62 Universitas Brawijaya yang tampil sebagai juara kategori Urban Ethanol. Peringkat ini sama  dengan peringkat KMHE tahun 2018 lalu, dimana Kalisahak 28 berada di peringkat ketiga. Usai tampil dengan membanggakan di KMHE 2019, Tim Mataram Proto dan Kalisahak 28 menghadap pimpinan IST AKPRIND di Ruang Kerjanya. Anggota tim IST AKPRIND didampingi oleh para dosen Pembimbing seperti Ellyawan SA, S.T., M.Sc., Ph.D dan Ir. Hary Wibowo, M.T. (Kalisahak 28) serta Ir. Adi Purwanto, M.T dan Aji Pranoto, S.Pd, M.Pd (Mataram Proto).

KMHE merupakan ajang perlombaan kendaraan hemat energi rancangan mahasiswa seluruh Indonesia. Pada tahun 2019 KMHE diikuti oleh 45 perguruan tinggi, 62 tim, dengan jumlah mobil 80 unit dari berbagai kategori. KMHE adalah sebuah lomba tingkat nasional “Lomba mobil irit hemat energi” yang awalnya bernama Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC)yang diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2012. Pada KMHE 2019 ini kegiatan diselenggarakan di Universitas Negeri Malang (UM) dengan Sirkuit JSI (Jl. Jakarta-jl. Simpang Ijen) Kota Malang.

Dosen dan mahasiswa IST AKPRIND yang tampil pada KMHE 2019 antara lain:

     
Tim IST AKPRIND 2 (Kalisahak 28) Tim Mataram Proto
Pembimbing  : Pembimbing  :
– Ellyawan Setyo A, S.T., M.S.c., Ph.D. – Ir. Adi Purwanto, M.T.
– Ir. Hary Wibowo, M.T – Aji Pranoto, S.Pd., M.Pd
Anggota  : Anggota  :
– Indra Ardiansyah – Dwi Krisnandi
– Bagus Rohmad Nugroho – Gesit Prayogo
– Siswanto – Priyanto
– Inka Rolimas Nurfaikal – Slamet Budiyanto
– Bagas Prasetyo – Kuprisaldi Yudha Orienta
– M. Shofi Hidayat – Yoga Adhi Sinarwan
– Fikri Farkhan Kamal – Dwi Prihantoro Aji
– Erika Miftahul Janah
Tim Supporting  : – Hanifah Bilhuda
– Risqi Baskoro Satrio Adi – Muhammad Syafrizal Adam G
– Eric Kurniawan Burhanudin – Trendy Manipi
– Perbowo Prenggo Sangkoyo – Septa Wahyudi
– Triyo Santoso – Wisnu Yidha Santika
– Arif Febriansyah – Buldan Sibli S.A
– Bagas Dewantoro – Arif Purnomo
– Andika Sigit Novianto
– Ahmad Fadholi
– Rustam Nur Wakhid Avianto
– Handharu Farif Datama