Mahasiswa IST AKPRIND Presentasikan Penelitiannya di International Conference Dubai

0
459

Topan Ramadhan, mahasiswa jurusan Teknik Geologi IST AKPRIND Yogyakarta mendapat kesempatan untuk mempresentasikan penelitiaannya dalam ajang 4th International Conference on Geology and Geoscience di Dubai, Uni Emirat Arab (27-28/4) lalu. Topan Ramadhan, merupakan satu-satunya mahasiswa berasal dari Indonesia yang memiliki kesempatan untuk mempresentasikan penelitiaanya pada event tersebut. Untuk mengikuti ajang tersebut, para peneliti harus melewati seleksi yang sangat ketat dengan terlebih dahulu mengirimkan abstrak penelitiannya untuk mendapatkan penilaian dari para reviewer yang ada.

Dalam melakukan penelitiannya, Topan tidak bekerja sendirian tetapi tergabung dalam tim Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG)  IST AKPRIND bersama empat mahasiswa IST AKPRIND lainnya yaitu Adi Nugraha, Achmad Refai, Rizky Frilian Budi dan Waliyur Rahman. Penelitian lima mahasiswa Teknik Geologi IST AKPRIND tersebut berfokus pada pengendapan lahar Gunung Merapi tersebut dilakukan di tiga sungai diwilayah Sleman dan Muntilan yang berhulu langsung di Gunung Merapi, yaitu Kali Blongkeng, Kali Putih dan Kali Krasak. Penelitian dilakukan dengan mencakup analisis Pengamatan lapangan seperti litologi, stratigrafi dan pengukuran arah endapan lahar, serta pengamatan lebih rinci di laboratorium dengan menganalisa struktur butiran dengan metode morfometrik dan korelasi stratigrafi dan limpahan sedimen lahar di kaki Gunung Merapi. Mahasiswa peneliti ini berharap, hasil penelitiannya dapat digunakan sebagai salah satu bentuk mitigasi bencana  dan mengetahui endapan lava pada daerah letusan gunung berapi.

4th International Conference on Geology and Geoscience Dubai yang diikuti oleh puluhan peneliti diseluruh dunia tersebut diselenggarakan oleh OMICS International bertempat di JW Marriott Hotel Dubai, Dubai, Uni Emirat Arab. Konferensi ini akan mencakup bidang-bidang seperti Geologi Perminyakan, Geologi Lingkungan, Geologi Teknik. Dari kegiatan ini akan memberikan platform ilmiah dan teknis yang unik untuk berbagi pengalaman penelitian di antara para ahli dan profesional terbaik yang ada di seluruh dunia yang terlibat dalam berbagai bidang Geologi. Konferensi geologi bertujuan untuk menempatkan sebuah forum dengan para ilmuwan akademis, ahli geologi, peneliti muda terkemuka dari seluruh dunia. Fitur penting dari konferensi ini adalah lokakarya, acara dan simposium yang terorganisasi dengan baik, presentasi poster dan pameran kelas dunia, diskusi panel & sesi interaktif, peluang penelitian kolaboratif.