Mahasiswa IST AKPRIND Berikan Pelatihan Robotika di Thailand

0
64

Enam mahasiswa Jurusan Teknik elektro IST AKPRIND memberikan pelatihan kepada pelajar di Thailand. Dibawah bimbingan Beny Firman, S.T., M.Eng, keenam mahasiswa IST AKPRIND akan berbagi pengetahuan tentang elektronika dasar, elektronika lanjutan maupun robotika kepada siswa Sangkhom Islam Wittaya School.
Abdul Hamidan, Guzur Fariestiwa, Khayyun Nurhuda, Daffa Fikri Athailah, Yoga Adi Saputra dan Adi Maja Septian P, akan berada di Distrik Hat Yai, Sadao, Songkhla, Thailand selatan hingga 29 Februari mendatang. Selama berada di Thailand, para mahasiswa IST AKPRIND akan tinggal di komplek Sangkhom Islam Wittaya School. Pelatihan elektronika dan robotika oleh mahasiswa IST AKPRIND merupakan tindaklanjut kerjasama antara IST AKPRIND dengan Sangkhom Wittaya School yang ditandatangani pada 2018. Sebelumnya pada tahun 2018, IST AKPRIND juga telah mengirimkan mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan dan jurusan teknik Elektro di tempat ini. Saai itu mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan melakukan pengolahan limbah dan air bersih, sementara mahasiswa teknik elektro memberikan materi dasar-dasar robotika.

Kegiatan robotika IST AKPRIND menjadi daya tarik tersendiri dari berbagai pihak. Kesuksesan tim Robot IST AKPRIND yang mampu menjadi Juara Nasional Kontes Robot Indonesia (KRI) kategori robot ABU (Asian Broadcasting Union) pada tahun 2017. IST AKPRIND mampu mengungguli tim robot dari berbagai perguruan tinggi besar dengan dukungan dana yang besar pula. Sementara IST AKPRIND mempu berprestasi walaupun dana yang dikeluarkan tidak sebesar perguruan tinggi lain. Keberhasilan menjadi juara Nasional tersebut membawa tim Robot IST AKPRIND yang dibimbing Beny Firman, S.T., M.Eng., mewakili Indonesia ke ajang kontes ABU Robocon tingkat Asia di Jepang pada tahun yang sama.

(tdj)