Mahasiswa Baru Dibekali 9 Materi Wajib dari Kemdikbud Ristek pada PKKMB 2022

0
76

Ratusan mahasiswa baru IST AKPRIND mengikuti kegiatan Pengenalan Kegiatan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Kampus 1 IST AKPRIND, Selasa (06/09). Kegiatan yang diselenggarakan secara luring untuk pertama kali pascapandemi ini akan berlangsung selama empat hari, yakni 6-9 September 2022. Kegiatan dibuka secara simbolik oleh Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., di Auditorium Kampus 1 IST AKPRIND. 

Selama dua hari kegiatan mahasiswa baru akan banyak belajar hal baru baik itu akademik maupun non-akademik, melalui sesi materi wajib dengan praktisi profesional. Sesi materi wajib dengan praktisi profesional pada hari pertama pelaksanaan PKKMB 2022 menghadirkan Founder Kulineryogya Arief Budiman dengan tema Penggunaan Media Sosial Secara Bijak dilanjutkan dengan Ketua Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi UGM Dr. Ir. R. Wahyu Supartono dengan tema Pendidikan di Perguruan Tinggi Era Revolusi Industri 4.0. Tak hanya itu, mahasiswa baru juga diberikan pembekalan mengenai kewirausahaan oleh Dosen Teknik Geologi IST AKPRIND Nurul Dzakiya, S.Si., M.Sc., yang memaparkan materi dengan tema Kegiatan Bidang Kesejahteraan dan Kewirausahaan, serta turut hadir Founder Indonesia Leadership School Riza Perdana Kusuma membawakan materi dengan tema Pendidikan Norma, Etika, Pembinaan Karakter, dan Soft Skill Mahasiswa. Melalui berbagai materi yang diberikan diharapkan mahasiswa mempunyai bekal ketika memasuki dunia perkuliahan sehingga menjadi pribadi yang siap bersaing di dunia kerja.

Sesi materi wajib hari kedua diisi oleh pemaparan materi wajib dengan tema Kegiatan Pengembangan Mental Spiritual Kebangsaan dan Wawasan Nusantara/Revolusi Mental oleh Mayor Inf. Heri Manuadi /Pasi Binwanwil Siter Rem 072/Pmk KOREM  072/Pamungkas dilanjutkan dengan materi Pendidikan atau Gerakan Anti Korupsi dan Gerakan Anti Radikalisme/Bela Negara oleh AKBP Tri Novi Purwaningrum, S.E., Kasubdit Bintipsos Dit Binmas Polda DIY. Selain itu juga terdapat materi dengan tema Pendidikan atau Gerakan Anti Penyalahgunaan NAPZA dengan pemateri GRANAT (Gerakan Nasional Anti Narkotika), Kampanye Pencegahan Kekerasan Seksual dan Perundungan/Bullying oleh pemateri dari Rifka Annisa Women Crisis Center, serta Kampanye Kampus Sehat dan/atau Green Campus yang dibawakan oleh Tifani Diah Nis, S.T., Penyuluh Lingkungan Hidup.

Selain diberikan materi wajib oleh praktisi profesional, pada hari pertama ini mahasiswa baru juga diajak untuk kenal lebih dekat dengan rektor beserta jajarannya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yaitu Satmenwa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), serta Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Acara pembukaan PKKMB 2022 dihadiri oleh Ketua Yayasan Pembina Potensi Pembangunan Ir. Sagoro Wedy, M.M., Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., beserta jajaran wakil rektor, jajaran dekan fakultas, serta jajaran ketua program studi/jurusan.