M. Nur Ichsanudin, Wakili DIY pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kemendikbudristek

0
164

Muhammad Nur Ichsanudin, Mahasiswa Jurusan Rekayasa Sistem Komputer IST AKPRIND Yogyakarta terplilih menjadi satu dari tiga mahasiswa yang mewakili LLDikti Wilayah V DIY pada kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar Kemdikbudristek, Selasa – Kamis (26-28/10) di Gedung A Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jakarta. Ichsan menjadi satu dari 170 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang mendapatkan kesempatan istimewa ini.

Ichsan mengikuti kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda berlangsung tiga hari dengan rangkaian acara berupa diskusi kelompok penyusunan teks deklarasi pemuda Indonesia pada hari pertama, dilanjutkan dengan soft launching Peraturan Menteri tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di perguruan tinggi, pada hari kedua. Puncak kegiatan berlangsung pada hari ketiga, yakni upacara bersama 170 mahasiswa dari seluruh Indonesia secara luring, dan lebih dari dua ribu mahasiswa secara daring. Upacara dihadiri langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim.

Terpilihnya Ichsan menjadi salah satu perwakilan LLDikti DIY bukan tanpa alasan, mahasiswa yang kini aktif mengikuti sejumlah UKM ini tercatat sebagai penerima beasiswa Bangkit Academy Kemdikbudristek tahun 2021. Tak sampai di situ, ia juga merupakan peraih Digital Talent Scholarship dengan tema Big Data using Phyton tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Ichsan juga terpilih sebagai salah satu mahasiswa yang mengikuti program Studi Independen Kampus Merdeka dengan mata kuliah Data Science – Digital Skola. (rsw)