Kolaborasi Bersama IST AKPRIND dan Perumda PDAM Tirtamarta Yogyakarta

0
357

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (IST AKPRIND) sepakat menjalin kerja sama dengan Perumda PDAM Tirtamarta Yogyakarta. Kerja sama ini ditandai dengan ditandatanganinya naskah Memorandum of Understanding (MoU) antara IST AKPRIND dan Perumda PDAM Tirtamarta Yogyakarta, Selasa (20/12) di Ruang Rapat Utama, Perumda PDAM Tirtamarta Yogyakarta. Naskah MoU ditandatangani oleh Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom. dan Direktur Utama Perumda PDAM Tirtamarta Yogyakarta Majiya, S.T., M.M. Selanjutnya, pada hari yang sama juga ditandatangani Naskah Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Teknologi Industri (FTI) oleh Dekan FTI Ir. Murni Yuniwati, M.T. dan Direktur Bidang Teknik Perumda PDAM Tirtamarta Yogyakarta Sarjono, S.T.

Kedatangan IST AKPRIND Perumda PDAM Tirtamarta Yogyakarta disambut hangat oleh Direktur Utama Perumda PDAM Tirtamarta Yogyakarta Mujiya, S.T., M.M., Direktur Teknik Sarjono, S.T., beserta jajaran Direksi lainnya. Pada kegiatan ini kedua institusi bersepakat untuk bekerja sama mencakup ruang lingkup pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan kualitas serta kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).   

Direktur Utama Perumda PDAM Tirtamarta Yogyakarta Mujiya, S.T., M.M., menyambut baik kerja sama antara kedua institusi ini. Pihaknya berharap melalui kerja sama ini, dapat mendorong sekaligus meningkatkan kompetensi SDM di instansinya utamanya dalam hal teknologi guna menyiapkan diri pada era digitalisasi. 

“Saya amat berharap, SDM yang ada di Perumda bisa berkembang lebih baik, bahkan unggul dari institusi lain. Saat ini kami mendorong agar karyawan bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat Magister, nah karena kerja sama (dengan IST AKPRIND) jadi nanti kalau bisa diarahkan kuliahnya di sana saja,”

Sementara itu, Rektor memaparkan bahwa saat ini IST AKPRIND tengah menyusun rencana pembukaan prodi baru, yaitu Process Safety (K3). Tak hanya itu, juga akan dibuka Pusat Konsultasi dan Layanan Teknologi. Kolaborasi dan sinergi dengan Perumda PDAM Tirtamarta Yogyakarta menjadi hal penting, sebab dengan berkolaborasi bersama akan terjadi sharing knowledge yang tak terbatas hanya pada teknologi, namun juga bidang lain seperti ekonomi. Melalui kerja sama ini juga mahasiswa turut dilibatkan pada penyelenggaraan program Magang Industri selama enam bulan. Mahasiswa nantinya diharapkan mampu belajar, beradaptasi, bahkan turut andil memecahkan masalah yang dihadapi di lapangan. (humas)