Kerja bersama merupakan esensi dari kerja kita prestasi bangsa yang merupakan salah satu budaya dalam masyarakat Indonesia. Dimana masyarakat guyub rukun bekerjasama dan bergotongroyong. Hal tersebut telah diteladankan oleh para pendiri bangsa tatkala berjuang bersama di Republik Yogya tahun 1945-1949. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam sambutan peringatan Kemerdekaan RI ke 73 yang dibacakan oleh Rektor IST AKPRIND, Dr. Ir. Amir Hamzah, MT di halaman kampus I IST AKPRIND Yogyakarta, Jum’at (17/8).

Gubernur DIY menambahkan bahwa peringatan proklamasi kemerdekaan RI ke 73 yang mengangkat tema “Kerja Kita, Prestasi Bangsa ” serta Asian Games ke 18 yang mengangkat tema “Energy of Asia” pada prinsipnya mengangkat tema Energy of Indonesia. Sebab tema proklamasi pun mengandung seluruh energi bangsa dimana prestasi bangsa diraih oleh kerja kita kerja bersama. Cara berjuang yang ber-Pancasila dan mewujudnyatakan  semangat Bhineka Tunggal Ika dahulu digerakkan oleh pemimpi listas etnik dan lintas agama.Jika dahulu berjuang mengangkat senjata, maka saat ini masyarakat harus berjuang agar bangsa ini dapat hidup terhormat dalam kemajuan, kesejahteraan dan keadilan, lanjut Gubernur.

Upacara Peringatan HUT kemerdekaan RI ke 73 di IST AKPRIND diikuti oleh seluruh tenaga kependidikan dan dosen serta perwakilan himpunan mahasiswa serta Unit Kegiatan Mahasiswa. Wakil Rektor II IST AKPRIND, Muhammad Sholeh S.T, M.T mengapresiasi kekompakan tenaga kependidikan, dosen serta mahasiswa yang bersama-sama hadir untuk mengikuti upacara. (tdj)