KBMI 2019, IST AKPRIND Siap Tingkatkan Prestasi

0
19

Tahun 2018 lalu, IST AKPRIND mampu meloloskan 10 proposal Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang dinyatakan layak didanai oleh Kemenristekdikti. Dengan lolosnya 10 proposal tersebut, IST AKPRIND menempati peringkat 5 se-Indonesia dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di 5 besar. IST AKPRIND juga menjadi yang terbaik di DIY. Dengan total 10 proposal, kelompok mahasiswa IST AKPRIND ini berhak menerima dana hampir 150 juta rupiah. Dari 10 proposal yang didanani oleh pemerintah, 5 proposal diantaranya juga dinyatakan lolos untuk mengikuti Ekspo dan KMI Award pada tahun tersebut.

Pada tahun 2019 ini Kemenristekdikti kembali meluncurkan program kompetisi bisnis mahasiswa Indonesia (KBMI). Format pengusulan usulan recana bisnis pada KBMI tahun ini berbeda dengan tahun yangg sebelumnya. Koordinator kewirausahaan IST AKPRIND, Aji Pranoto S.Pd., M.Pd mengatakan bahwa mahasiswa IST AKPRIND bertekad kembali membuat kejutan dengan meloloskan proposalnya sebanyak mungkin.
Pengagajuan proposal bisnis dalam KBMI tahun 2019 ini diawali dengan seminar bisnis plan yang diikuti 500 mhs PTN dan PTS di Yogyakarta. Seminar bisnis plan diselenggarakan di Grha Sabha Pramana, Rabu (20/3). Pada kesempatan tersebut IST AKPRIND mengirimkan 48 mahasswa calon entreprenuer muda. Para mahasiswa  yang dikirimkan tersebut akan bersaing dalam KBMI 2019 ini. Harapannya dengan format pengusulan bisnis plan yg baru tersebut akan mendorong IST AKPRIND lebih kompetitif dalam memenangkan persaingan bisnis yang didanai oleh Kemenristekdikti, pungkas Aji Pranoto S.Pd., M.Pd.

Dalam rangka mendorong munculnya wirausahawan muda di perguruan tinggi, Ditjen Belmawa Kemenristekdikti kembali menyelenggarakan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) tahun 2019. Program KBMI diharapkan mampu mendukung visi-misi pemerintah yang tertuang dalam Renstra Kemenristekdikti untuk pengembangan wirausaha baru dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui pengembangan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan. Program KBMI diharapkan juga dapat menghasilkan karya kreatif, yang inovatif dalam membuka peluang bisnis yang berguna bagi mahasiswa setelah menyelesaikan studi.
Program KBMI menitikberatkan pada orientasi ide bisnis, proses usaha dan hasil usaha (profit). Tahapan KBMI tahun 2019 meliputi pengusulan proposal, pelatihan rencana bisnis, penetapan penerima hibah KBMI, pendampingan wirausaha, monitoring evaluasi dan Ekspo KMI sebagai puncak rangkaian kegiatan KBMI.

KBMI tahun 2019 bertujuan untuk:

  • Menumbuhkan karakter wirausaha;
  • Menumbuhkembangkan wirausaha baru kreatif yang inovatif berbasis teknologi;
  • Membantu mahasiswa dalam menentukan keunikan bisnis berbasis teknologi dengan menemukan celah pasar yang tepat untuk meningkatkan peluang keberhasilan bisnis.

(tdj)