Jurusan Teknik Lingkungan Lepas Mahasiswa Program Magang Merdeka di DPRKPLH Kabupaten Temanggung

0
26

Program Studi Teknik Lingkungan IST AKPRIND melepas enam mahasiswa yang akan menjalankan Program Magang Merdeka, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Senin (12/9). Keenam mahasiswa ini rencananya akan mengikuti program magang di Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Temanggung. Acara pelepasan sekaligus pembekalan bagi keenam mahasiswa ini berlangsung di kantor DPRKPLH Temanggung. 

Keenam mahasiswa yang terdiri atas Rizki Widi Ariani, Ariel U. Ngaji Hamarak, Andini Rambu Kabida Dauki, Gupita Cahyaning Mutiara, Reiga Mahesa Amanda, serta Wahyu Sahbudi A. Bombay ini rencananya akan ditugaskan di tiga bidang berbeda selama enam bulan. Ketiga bidang ini diantaranya adalah Bidang Tata Lingkungan, Bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, serta Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup. Kepala DPRKPLH Hendra Sumaryana yang hadir dalam acara pembekalan menyatakan selama enam bulan masa magang para mahasiswa akan terjun langsung ke lapangan mempraktikkan ilmu yang didapat selama di bangku perkuliahan. Tak hanya itu ia juga menuturkan, para mahasiswa ini nantinya akan dibekali keterampilan serta wawasan baru langsung oleh tim di masing-masing bidang kerja. Pihaknya berharap komunikasi antara IST AKPRIND dan DPRKPLH ke depan akan semakin baik, sehingga enam bulan ke depan para mahasiswa akan bisa belajar dengan baik dan menghasilkan luaran yang maksimal. 

Dr. Muchlis M.Sc., selaku dosen pembimbing berharap dengan program ini mahasiswa dapat mengasah kemampuan serta mendapat gambaran langsung akan dunia kerja di bidang lingkungan hidup dan kawasan pemukiman. Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan kerja sama yang baik dengan DPRKPLH bisa terus berlanjut ke depan, tak hanya terbatas dengan penyelenggaraan program magang bagi mahasiswa, tapi juga bisa menghasilkan luaran berupa penelitian maupun program pengabdian masyarakat. 

Kegiatan pembekalan ini turut dihadiri oleh Ketua Jurusan Teknik Lingkungan Paramita Dwi Sukmawati, S.T., M.Eng., C.WS., Ketua Bidang Tata Lingkungan Hani Eko Praptiwi, S.K.H., M.Si., Ketua Bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Wirawan, serta Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Lingkungan Hidup WV. Setya Dewi, S.E., M.M. (humas)