Jurusan Teknik Kimia Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Minuman Instan

0
86

Tim Dosen Jurusan Teknik Informatika IST AKPRIND Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan pembuatan minuman instan bagi Kelompok Ibu-Ibu PKK Wonolopo, Semarang. Bertempat di Desa Wisata Organik Wonolopo, Semarang, tim yang diketuai oleh Sri Rahayu Gusmarwani, S.T., M.T., ini diantaranya memberikan pelatihan pembuatan wedang uwuh, secang, dan jahe bubuk. Minuman instan dipilih karena selama ini masih jarang diadakan pelatihan pembuatan minuman instan sekaligus memanfaatkan hasil panen yang belum diolah secara maksimal.

Pelatihan terselenggara berkat kerja sama antara Lembaga Membangun Generasi Emas (MGE) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dengan Jurusan Teknik Kimia IST AKPRIND Yogyakarta. Selain dihadiri oleh tim dosen Jurusan Teknik Kimia dan Kelompok Ibu-Ibu PKK Wonolopo, hadir pula Wakil Wali Kota Semarang Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M. Sos., dan juga founder MGE Sapto Nugroho.

“Kami coba gali potensi wilayah Wonolopo ini, karena disini banyak rempah dan tanaman toga makanya dilakukan pelatihan ini. Masih banyak potensi lain, terlebih di Wonolopo ini penghasil Pete dan jengkol yang bisa dibuat sambal kemasan, ” papar Wakil Wali Kota Semarang yang kerap disapa Mbak Ita.

Menurut Mbak Ita, dengan menggali dan memanfaatkan potensi wilayah dari hulu hingga hilir dari sektor pertanian hingga produk UMKM dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. “Kami mendorong desa wisata kampung organik Wonolopo ini lebih berkembang sehingga dapat memberikan kesejahteraan warga disini,” terangnya.