IST AKPRIND Wisuda 153 Sarjana dan 16 Ahli Madya, 35 Lulusan berpredikat Cumlaude

0
70

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta menyelenggarakan wisuda periode II Tahun Akademik 2019/2020 di Jogja Expo Center, Sabtu (18/1). Pada wisuda ini IST AKPRIND Yogyakarta meluluskan wisudawan sejumlah 169 orang lulusan yang terdiri dari 153 sarjana dan 16 Ahli Madya. Sebanyak 35 wisudawan S1 dan 7 wisudawan D3 berhasil lulus dengan predikat Cum Laude. Lulusan terbaik program sarjana, diraih oleh Efrat Natanael Nainggolan , dari program studi Teknik Geologi yang lulus dengan IPK 3,88 dan lulusan terbaik program D3 Muhammad Rajab Ranu Marjan dari Teknologi Elektronika yang lulus dengan IPK 3,81.

Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T dihadapan para wisudawan, orangtua dan tamu undangan mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di IST AKPRIND. Tidak ketinggalan, selaku pimpinan IST AKPRIND, rektor turut menyampaikan permohonan maaf kepada orang tua/wali apabila selama mendidik masih banyak kekurangan. Rektor juga berpesan bahwa meskipun wisuda merupakan tanda akhir tugas layanan IST AKPRIND kepada mahasiswa, tetapi wisuda bukanlah akhir dari masa belajar, namun justru awal masa belajar di kehidupan nyata. Sebagai lulusan IST AKPRIND, para wisudawan telah dibekali pengetahuan dan keterampilan berupa pengembangan potensi diri melalui kegiatan Tri Dharma dan berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan seperti BEM, HMJ atau UKM. Semoga ini menjadi bekal untuk terjun dan berkarya di tengah masyarakat.

Rektor mengungkapkan bahwa pada Agustus 2019 IST AKPRIND menduduki peringkat 105 untuk Klasterisasi Perguruan Tinggi, walaupun sebelumnya (tahun 2018) berada di peringkat 99. Pada September 2019, peringkat Kinerja kemahasiswaan IST AKPRIND mendapatkan peringkat 61. Pada 5 November 2019, Klusterisasi PT berdasar Kinerja pengabdian, IST AKPRIND naik status SANGAT BAGUS (peringkat 105), yang sebelumnya KURANG MEMUASKAN. Pada 19 November 2019, Kinerja Penelitian IST AKPRIND juga menunjukkan peningkatan dari status MADYA menjadi status UTAMA (Peringkat 94), dan Yang paling membanggakan pada 26 November 2019 IST AKPRIND menerima hasil akreditasi APT 3.0 dengan peringkat BAIK SEKALI, ini merupakan yang pertama di L2Dikti Wilayah 5 Yogyakarta, dan 1 dari 5 PT yang menerima status BAIK SEKALI pada gelombang pertama di Indonesia dengan Instrumen APT 3.0. Berbagai prestasi tersebut semoga semakin menambah percaya diri dan motivasi para dosen dan mahasiswa untuk terus berkarya, demikian juga para alumni baru IST AKPRIND untuk menunjukkan pada masyarakat akan kelayakan IST AKPRIND sebagai perguruan tinggi Sains dan Teknologi yang unggul, tutpnya. (tdj)