IST AKPRIND Terima Kunjungan Balitbang Kota Magelang

0
261

IST AKPRIND Yogyakarta pada Selasa (25/5) menerima kujungan dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang. Kunjungan tersebut merupakan koordinasi awal dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan penelitian, pengembangan dan perekayasaan di bidang teknologi dan inovasi. Dimana kegiatan penelitian, pengembangan dan perekayasaan di bidang teknologi dan inovasi tersebut dilakukan oleh masyarakat kota Magelang dengan didampingi IST AKPRIND Yogyakarta.

Hadir dari Balitbang Kota Magelang, Catur Adi Subagio, S.H. (Kepala Bidang Pengembangan dan Harmonisasi), Tuning Suharti, S.E. (Kepala Sub Bidang Pengembangan dan Penerapan Iptek), R. Burhan Pramudya Kusuma, A.Md. (Plt. Kepala Sub Bidang Penguatan dan Harmonisasi) serta Ida Lusiati (Pengelola Data Kreetifitas dan Inovasi). Kedatangan para Pejabat Balitbang Kota Magelang diterima oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., dan didampingi Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom. (Wakil Rektor III), Ir. Murni Yuniwati, M.T. (Dekan Fakultas Teknologi Industri), Beny Firman, S.T., M.Eng. (Sekretaris Jurusan Teknik Elektro), serta Yuli Purwanto, S.T., M.Eng. (Sekretaris Jurusan Teknik Mesin). Pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Pengembangan dan Harmonisasi BAlitbang Kota Magelang, Catur Adi Subagio, S.H. mengungkapkan terdapat dinamika yang menarik selama menjalin kerjasama dengan IST AKPRIND sejak masih berbentuk Kantor hingga menjadi Badan. Sebagai Badan yang langsung berada dibawah Walikota, Balitbang lebih konsen di bidang inovasi. Dengan luas wilayah yang terhitung kecil dibanding wilayah lainnya serta minimnya sumberdaya alam, menjadikan Kota Magelang lebih fokus dalam pengembangan sumberdaya manusia baik dari sisi kreatifitas maupun inovasinya. Inovasi-inovasi tradisional dari masyarakat membutuhkan sentuhan teknologi sehingga pihaknya menggandeng Perguruan Tinggi seperti IST AKPRIND.

Sementara Rektor IST AKPRIND Yogyakarta menyampaikan bahwa kerjasama IST AKPRIND dengan Balitbang Kota Magelang sudah terjalin sejak tahun 2012 saat masih bernama Kantor Litbang Statistik Kota Magelang. Sementara naskah kesepahaman bersama yang terakhir dijalin pada tahun 2018. Kerjasama antara IST AKPRIND dan Balitbang Kota Magelang diantaranya mencakup Penelitian, pengembangan dan penerapan teknologi baru. Dimana didalamnya juga meliputi pendidikan dan pelatihan, pemanfaatan dan penerapan teknologi yang telah ada, inovasi sains dan teknologi serta pemanfaatan sumber daya manusia sebagai konsultan atau tenaga ahli dalam bidang sains dan teknologi. (tdj)