IST AKPRIND Siapkan Generasi Muda Berwawasan Lingkungan melalui Program PPK Ormawa BEM di Kelurahan Klitren

0
483

Minggu, (10/09) Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta menyambut lebih dari 100 anak-anak dari Kelurahan Klitren, Kecamatan Gondokusuman yang berasal dari 16 RW dalam balutan acara Gebyar Anak Peduli Sampah. Acara ini merupakan salah satu wujud dari program kerja PPK Ormawa BEM IST AKPRIND Yogyakarta di bidang pengelolaan sampah. 

PPK Ormawa merupakan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan yang mengimplementasikan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. PPK Ormawa diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi dengan memberi kesempatan kepada Perguruan Tinggi untuk meningkatkan kapasitas organisasi kemahasiswaan melalui pemberdayaan masyarakat. Tahun 2023, PPK Ormawa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IST AKPRIND mendapatkan hibah untuk menjalankan program-program kerjanya yang berangkat dari permasalahan, potensi dan kebutuhan masyarakat Kelurahan Klitren. 

Gebyar Anak Peduli Sampah di Kelurahan Klitren dimulai pukul 07.00 – 10.45 WIB. Acara dimulai dengan Senam Sampah di halaman Kampus 1 IST AKPRIND dengan menyerukan kepedulian anak-anak akan kebersihan lingkungan melalui gerak tubuh yang menyehatkan. Selanjutnya, anak-anak dengan rentan usia 3 hingga 10 tahun menuju Auditorium IST AKPRIND untuk kegiatan seru lainnya yaitu Jingle Anak Peduli Sampah yang dipimpin oleh Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI). Tak kalah seru, PPMI memunculkan atraksi sulap yang begitu menarik perhatian anak-anak. 

Acara dibuka oleh Tuan Rumah Panitia Pelaksana Gebyar Anak Peduli Sampah, Pembimbing PPK ORMAWA BEM IST AKPRIND sekaligus Wakil Rektor 3 IST AKPRIND Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom. Masih dalam satu rangkaian acara pembuka, Kepala Kelurahan Klitren Akhmad Zainuri, S.Sos., menyambut anak-anak dengan menyerukan kampanye peduli sampah “Zero Waste, kurangi, tangani, sampahku, tanggung jawabku.” Zainuri sekaligus meresmikan Program Anak Peduli Sampah Kelurahan Klitren didampingi oleh Ibu lurah, Sri Yuniarti, Amd., Pembimbing Ormawa BEM Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom. Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Adi Priyanto, Babinsa Koramil 03 Gondokusuman Serda Tri Winarto dan perangkat RW. 

Anak-anak tampak antusias dengan acara yang dikemas menarik seperti Drama Cerita Sayangi Bumi oleh Kak Ari dan Kak Ami dari PPMI, Game Edukasi Pemilahan Sampah, Deklarasi Anak Peduli Sampah dengan setiap anak menyematkan cap lima jari ke kanvas simbol komitmen mereka untuk menjadi anak-anak yang peduli terhadap lingkungan. Emy berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan soft skills fungsionaris organisasi kemahasiswaan dalam hal kepemimpinan, kerja sama tim, kepedulian sosial, kemampuan berpikir kritis, kreatif, penyelesaian masalah, komunikasi, kolaborasi, dan berliterasi teknologi informasi serta dapat menyiapkan anak-anak Kelurahan Klitren untuk menjadi generasi penerus bangsa berwawasan lingkungan yang baik. (humas)