IST AKPRIND Siap Mendukung Penerapan Smart City di Wonogiri

0
166

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta yang memiliki sumber daya manusia (SDM) baik dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa dibidang sains dan teknologi menyatakan siap mendukung dalam mewujudkan smart city di Kabupaten Wonogiri. Smart city merupakan visi dalam mengembangkan sebuah perkotaan dengan mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pengelolaan maupun pelayanan sebuah kota. Demikian diungkapkan oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Edhy Sutanta, S.T.,M.Kom., saat beraudiensi dengan Bupati Wonogiri, Joko sutopo, Rabu (15/4).

Audiensi yang digelar di ruang kerja Bupati Wonogiri tersebut merupakan salah satu tindaklanjut dari kesepakatan bersama antara IST AKPRIND Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Wonogiri yang telah ditandatangani bulan Februari 2021 yang lalu. Dimana kedua pihak telah bersepakat untuk melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan sumber daya manusia, serta bidang lain yang disepakati sesuai dengan fungsi dan wewenang masing-masing. Bupati Wonogiri, Joko sutopo, yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Sekda Wonogiri, Kepala Dinas Kominfo, serta Kepala Dinas KUKM Perindag Wonogiri menyampaikan harapan agar kolaborasi dengan IST AKPRIND mampu menjadikan Wonogiri menjadi lebih baik. Lebih lanjut Bupati mengaku kerjasama dengan Perguruan Tinggi mampu memberikan semangat baru karena dengan kemitraan, kerjasama serta melibatkan masyarakat diwilayahnya diyakini akan memberikan manfaat dan dampak yang positif bagi masyarakat.

Sementara itu Rektor IST AKPRIND Yogyakarta yang hadir dengan didampingi oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Katua Jurusan Teknik Informatika serta tim Matching Fund IST AKPRIND menyampaikan bahwa hasil dari Kesepakatan Bersama antara IST AKPRIND dengan Pemerintah Kabupaten Wonogiri langsung ditindaklanjuti dengan kerjasama. Kerjasama yang dimaksud adalah kerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Wonogiri, yaitu dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Perdagangan serta dengan Dinas Komunikasi dan Informatika. Kerjasama ini juga merupakan implementasi dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan kerjasama berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka, mahasiswa dan dosen memiliki waktu yang lebih lama dalam kerkolaborasi dengan masyarakat karena dapat dilaksanakan selama satu semester atau enam bulan serta dapat dilanjutkan oleh kelompok mahasiswa lainnya dalam periode berikutnya. (tdj)