IST AKPRIND Selenggarakan Sesi Kuliah Tamu dengan Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM)

0
75
Sesi Guest Lecture dengan tema “Statistics in Industrial Application,” Rabu (24/5).

Fakultas Sains Terapan (FST) Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (IST AKPRIND) berkolaborasi dengan Badan Perencanaan dan Pengembangan Institusi (BP2I) IST AKPRIND, dan Faculty of Mechanical and Manufacturing Engineering Technology (FTKMP) Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) menyelenggarakan Guest Lecture dengan tema “Statistics in Industrial Application,” Rabu (24/5). Kegiatan dihadiri oleh Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., Dekan FST Dra. Yuli Pratiwi, M.Si., Kepala BP2I Ellyawan Setyo Arbintarso, S.T., M.Sc., Ph.D., Dosen FTKMP UTeM Ts. Dr. Yusliza binti Yusuf, serta dosen dari berbagai jurusan di IST AKPRIND. 

Mahasiswa Statistika serta Ketua Jurusan Statistika Drs. Yudi Setyawan, M.S., M.Sc., berfoto bersama usai sesi Guest Lecture di Auditorium IST AKPRIND, Rabu (24/5)

Diikuti oleh lebih dari 200 mahasiswa baik daring maupun luring, sesi kuliah tamu yang menghadirkan Dosen FTKMP UTeM Ts. Dr. Yusliza binti Yusuf, berlangsung meriah. Sesi kuliah tamu diawali dengan sambutan dari Dekan FST, lalu dibuka secara simbolik oleh Rektor IST AKPRIND.

Yusliza mengawali sesi kuliah tamu dengan mendefinisikan statistika sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, serta mempresentasikan data. Ia lalu menjelaskan penerapan statistika di berbagai sektor. Di sektor bisnis dan manufaktur, statistika dimanfaatkan  pada penggunaan analisis big data, statistical computing, dan proses manufaktur. Di sektor kesehatan, statistika memegang peranan penting pada bidang kesehatan masyarakat, penelitian gen, serta penelitian farmasi. Lebih lanjut, statistika juga dimanfaatkan pada sektor pendidikan untuk proses belajar mengajar dan kepenulisan jurnalistik. Statistika juga relevan digunakan pada bidang ilmu sosial, yaitu berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk kebutuhan konsultasi sosial dan hukum. 

Salah satu poin yang di-highlight oleh Yusliza adalah pembahasan mengenai pemanfaatan statistika pada saat melakukan Quality Control. Ia menjelaskan bagaimana statistika secara efektif digunakan untuk  mengatur, meningkatkan, dan menjaga kualitas atau menyelesaikan permasalahan yang ada. Tiga tindakan yang umum pada pemanfaatan Quality Control statistika adalah pengumpulan sistematis dan rekaman grafis dari data yang akurat, proses analisis data, serta jika terjadi penyimpangan signifikan dari limit yang ditetapkan pada data yang dikumpulkan, maka harus dilakukan tindakan pengukuran teknis dan administratif. 

Sesi Guest Lecture dengan tema “Statistics in Industrial Application” sukses memberikan mahasiswa dan dosen wawasan mendalam mengenai pemanfaatan statistika pada berbagai sektor industri. Kuliah tamu diakhiri dengan sesi tanya jawab interaktif antara pemateri dengan partisipan yang hadir. (humas)