IST AKPRIND Resmikan Gedung Baru Lima Lantai

0
32

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X mengungkapkan bahwa gedung perkuliahan merupakan tempat terjadinya proses belajar dan mengajar antara mahasiswa dan dosen. Sebagai tempat interaksi, ruang kuliah menjadi modal dasar yang harus tersedia karena menjadi faktor penting penyelenggaraan pendidikan Perguruan Tinggi dalam meningkatkan mutu akademis. Hal tersebut diungkapan dalam sambutan tertulisanya yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur bidang Sosial Budaya dan Kemasyarakatan, Drs. Tri Mulyono, M.M, dalam rangka peresmian Gedung Sayap Barat Kampus 3 (Bimasakti) IST AKPRIND, Kamis (26/9).
Pada sambutan tersebut, Gubernur mengapresiasi upaya Yayasan Pembina Potensi Pembangunan (YPPP) selaku Badan Penyelenggara IST AKPRIND yang telah membangun gedung representatif. Menurut Gubernur DIY, terdapat tiga komponen pendidikan perguruan tinggi terkait dengan sumberdaya manusia, yaitu dosen, mahasiswa dan masyarakat. Dengan komponen tersebut dapat mengaktifkan atau menggerakkan komponen lain termasuk sarana prasarana pembelajaran, media pembelajaran serta manajemen pembelajaran. Sehingga gedung sebagai komponen pasif tidak bisa diabaikan karena keberadaannya sebagai modal dasar pembelajaran agar berjalan dengan baik.
Pada kesempatan yang sama, Rektor IST AKPRIND Yogyakarta Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., manyampaikan bahwa Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia menampung lebih dari 60% mahasiswa yang berkuliah. Sementara sisanya atau sekitar 40% merupakan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri. Sehingga PTS harus selalu berbenah dan berupaya meningkatkan mutu pelayanannya. Salah satunya adalah penyediaan gedung untuk ruang kuliah dan kantor. YPPP selaku badan penyelenggara berupaya menambah prasarana tersebut secara kontinyu dalam 3 tahun terakhir. Pada tahun 2016, membangun Asrama Mahasiswa tiga lantai pada lahan seluar 400 meter persegi. Dilanjutkan kembali pada tahun 2017 mengembangkan gedung laboratorium di wilayah Kotabaru. Dan pada tahun 2018 lalu, membangun gedung lima lantai yang diresmikan pada hari ini. Pihaknya selaku pimpinan tertinggi IST AKPRIND memberikan apresiasi kepada YPPP yang senantiasa men-support kebuthab-kebutuhab akan sarana prasarana pembelajaran bagi mahasiswa. Sehingga harapannya dengan peningkatan daya tampung mahasiswa tersebut mampu diiringi dengan peningkatan pelayanann lainnya.
Gedung Sayap Barat Kampus 3 (Bimasakti) IST AKPRIND terletak di Jalan Bimasakti No. 3, Gondokusuman, Yogyakarta. Pada acara peresmian tersebut dihadiri sejumlah pejabat baik dari internal IST AKPRIND maupun pejabat di lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta. Natara lain adalah Pendiri IST AKPRIND yang juga ketua pembina YPPP, HM. Suwardi, S.E., beserta anggotanya, Ketua YPPP Ir. Sagoro Wedy, M.M, beserta jajaran pengurus. Hadir pula Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V DIY, Prof. Dr. Didi Achjari S.E, M.Com, Akt., sejumlah pejabat Militer dan Kepolisian, perwakilan dari Pemerintah Kota Yogyakarta serta mitra kerjasama IST AKPRIND. (tdj)