IST AKPRIND Peringkat 8 PT Terbaik DIY

0
544

IST AKPRIND menempati peringkat 8 Perguruan Tinggi terbaik di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta pada periode Januari tahun 2021. Hasil pemeringkatan tersebut dirilis oleh Lembaga pemeringkatan perguruan tinggu dunia Webometrics. IST AKPRIND hanya berada dibawah 2 PTN terkemuka dan 5 PTS Besar di DIY. Sementara untuk peruingkat nasional, IST AKPRIND menduduki peringkat 88.

Webometrics adalah rintisan Cybermetrics Lab, yaitu kelompok penelitian yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas, lembaga penelitian dan riset publik terbesar di Spanyol. Penelitian dilakukan terhadap lebih dari 200 negara dengan perguruan tinggi lebih dari 31 ribu.

Dalam melakukan pemeringkatan ini, Webometrics menggunakan tiga komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian , yaitu: melalui penilaian yang dilakukan webometric yang terdiri atas tiga indikator yakni impact atau visibility, openness atau trasnparency, serta excellence,.Pemeringkatan oleh Webometrics secara rutin dilaksanakan dan di publikasikan setiap akhir bulan Januari dan Juli.

Sementara untuk peringkat 5 besar Indonesia masih didominasi Perguruan Tinggi yang memiliki nama besar di Indonesia seperti Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga. (tdj)