IST AKPRIND, Pemateri Kuliah Umum “Cyber Security” STIKI Indonesia

0
323

IST AKPRIND Yogyakarta mendapat kepercayaan sebagai pembicara utama pada kuliah umum bertajuk Cyber Security yang diselenggarakan oleh STIKI Indonesia. Pada event tersebut, IST AKPRIND menugaskan Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom., dosen Program Studi Rekayasa Sistem Komputer sebagai pemateri. Sosok yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja sama IST AKPRIND hadir di Aula STIKI Indonesia, Selasa (7/12).

“Milenial sekarang ini bermain dengan gadget, bermain dengan media sosial. Apa pun di-posting mulai dari curhatan, aktivitas sehari-hari, hingga informasi pribadi. Ini dapat menjadi celah terjadinya cyber crime,” ungkap Emy pada sesi kuliah umum yang dihadiri sebanyak 300 partisipan. Selain menyoroti maraknya kasus kejahatan siber yang terjadi di dunia maya, ia juga menyingungg prospek pekerjaan di bidang cyber security yang luas, salah satunya ialah cyber security analyst.

Penunjukan Emy Setyaningsih mewakili IST AKPRIND sebagai pemateri pada sesi kuliah umum ini bukan tanpa alasan. Sebab selain aktif mengajar di Program Studi S-1 Rekayasa Sistem Komputer, beliau juga aktif melakukan penelitian di bidang pemanfaatan teknologi informasi dan komputer. Emy Setyaningsih merupakan dosen IST AKPRIND yang memiliki keahlian di bidang kriptografi, pengolahan citra digital, pengenalan pola, serta datamining. Emy Setyaningsih juga tercatat sebagai sekretaris I Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer (APTIKOM) Wilayah V tahun 2018-2022. (rsw)