IST AKPRIND Mendapat Kepercayaan Mendampingi Penyusunan Borang APT versi 3.0

0
38

Keberhasilan IST AKPRIND Yogyakarta dalam penilaian akreditasi oleh Badan akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) dengan menggunakan instrumen versi 3.0 terus mendapat perhatian dari berbagai pihak. Penggunaan instrumen akreditasi dengan 9 kriteria yang memiliki perbedaan dengan 7 standar pada instrumen akreditasi sebelumnya membuat penyusunan borang akreditasi bekerja ekstra keras dalam penyusunannya. Setelah STIKES Surya Global menandatangani perjanjian kerjasama untuk mendapatkan pendampingan dari IST AKPRIND dalam penyusunan borang akreditasi institusinya, hari ini Senin (13/7), Politeknik Lembaga Pendidikan Perkebuan juga menjalin kerjasama dengan IST AKPRIND agar mendapatkan pendampingan serupa.

Bertempat di Ruang kerja Pimpinan IST AKPRIND, Direktur LPP Yogyakarta Ir. Ari Wibowo, S.T., M.Eng., IPM., hadir didampingi oleh Ratna Sri Harjanti, S.T., M.Eng (Wakil Direktur I), Ir. Galuh Banowati, M.Sc (Wakil Direktur II), Fitria Nugraheni S., S.P., M.Sc. (Kepala Unit Penjaminan Mutu dan Pengawasan Internal). Sementara dari IST AKPRIND Yogyakarta hadir Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., selaku Rektor yang didampingi Wakil Rektor I, II dam III, Kepala lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Imam Sodikin, S.T., M.T, dan seluruh jajaran LPM IST AKPRIND. Pada kesempatan ini dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara IST AKPRIND dengan Politeknik LPP tentang kerjasama Tridharma dan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi yang diwakili oleh masing-masing pimpinan Perguruan Tinggi. Selanjutnya dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Lembaga Penjaminan Mutu IST AKPRIND dengan Unit Penjaminan Mutu dan Pengawasan Internal LPP yang diwakili oleh Imam Sodikin, S.T., M.T. dan Fitria Nugraheni S., SP., M.Sc. Kerjasama tersebut berbentuk pendampingan penyusunan instrumen APT 3.0., dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan penjaminan mutu dan persiapan akreditasi Polteknik LPP.

Direktur LPP Yogyakarta Ir. Ari Wibowo, S.T., M.Eng., IPM., berharap kerjasama dengan IST AKPRIND dapat meningkatkan penjaminan mutu di institusinya. Tingginya konsen pemerintah terjadap perguruan tinggi vokasi seperti LPP diharapkan menjadi poin tersendiri bagi institusinya. Terlebih, LPP memiliki kekuatan kerjasama dengan indutri perkebunan. Ir. Ari Wibowo, S.T., M.Eng., IPM. juga berharap, kerjasama dengan IST AKPRIND tidak terbatas pada pendampingan penyusunan borang akreditasi dan penjaminan mutu semata namun juga dapat ditingkatkan pada bidang lain. Penggunaan dosen kedua institusi sebagai dosen tamu, penelitian ataupun pengabdian kepada masyarakat secara bersama diharapkan dapat semakin meningkatakan kualitas kerjasama. (tdj)