Sebagai upaya meningkatkan kualitas tridharma Perguruan Tinggi, IST AKPRIND kembali menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lain. Pada awal tahun 2018 ini, IST AKPRIND menandatangani nota kesepahaman bersama dengan Universitas Pakuan, Bogor. Kedatangan tim dari Universitas Pakuan yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Pakuan, Ir. Singgih Irianto, M.Si diterima oleh Rektor IST AKPRIND, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Muhammad Sholeh, S.T., M.T, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Ir. Joko Waluyo, M.T.,. Turut hadir pula Dekan Fakultas Teknologi Mineral IST AKPRIND, Dr. Sri Mulyaningsih, S.T., M.T., serta Dekan Fakultas Teknologi Industri, Dr. Ir. Toto Rusianto., M.T., Ketua Jurusan Teknik Geologi, Ir. Dwi Indah Purnamawati, M.Si dan dosen dilingkungan IST AKPRIND di Ruang Sidang Utama, Senin (29/1) siang.

IST AKPRIND menandatangani Nota kesepahaman dengan Universitas Pakuan, Bogor dengan durasi kerjasama selama lima tahun. Nota kesepahaman antara IST AKPRIND dengan Universitas Pakuan ditandatangani oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T dan Rektor Universitas Pakuan, Dr. Bibin Rubini, M.Pd. Dalam Nota Kesepahaman bersama tersebut meliputi kegiatan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat atau yang lebih dikenal dengan tridharma perguruan tinggi. Pada kesempatan tersebut Rektor Universitas yang berhalangan hadir kehadirannya, diwakili kepada Dekan Fakultas Teknik, Ir. Singgih Irianto, M.Si. Turut mendampingi pula Wakil Dekan I  Bidang Akademik, Dr. Ir. Janthy T. Hidayat, M.Si., Wakil Dekan II Bidang Adminitrasi dan Keuangan, Ir. Teti Syahrulyati, M.Si. Wakil Dekan III Bidang  Kemahasiswaan , Ir. Lilis Sri Mulyawati, M.Si. serta Ketua Program Studi Teknik Geologi. Dengan penandatanganan nota keepahaman bersama ini diharapkan mampu menjadi payung hukum bagi Fakultas dan Jurusan yang ada di IST AKPRIND untuk menyelenggarakan kerjasama dengan Fakultas dan Program Studi di Universitas Pakuan.

Pada kesempatan tersebut juga ditandatangani perjanjian kerjasama antara Fakultas Teknik Universitas Pakuan juga menjalin kerjasama dengan Fakultas Teknologi Mineral serta Fakultas Teknik Industri IST AKPRIND. Dalam Perjanjian Kerjasama antar fakultas tersebut mengatur ruang lingkup kerjasama seperti pelaksanaan kuliah tamu dengan menghadirkan Dosen dari para pihak, kerjasama bimbingan mahasiswa, pemanfaatan sarana laboratorium, serta peningkatan kemampuan sumber daya manusia. Selain itu juga kerjasama penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah serta kegiatan kemahasiswaan dan juga kegiatan-kegiatan lain yang memberikan manfaat bagi para pihak. (tdj)