IST AKPRIND Ikuti Bimtek Penggiat P4GN BNNP DIY

0
253

IST AKPRIND sebagai Perguruan Tinggi di Yogyakarta menjadi salah satu tujuan dalam menempuh pendidikan tinggi. Popularitas Yogyakarta sebagai kota pelajar serta daerah tujuan wisata menjadi daya tarik bagi masyarakat di luar Yogyakarta untuk menyekolahkan putra-putrinya di DIY. Popularitas Yogyakarta yang menjadikan banyaknya masyarakat yang berduyun-duyun ke Yogyakarta sangat mungkin dimanfaatkan oleh bandar narkoba untuk memperluas bisnis narkoba. Berdasarkan hasil survey penyalahgunaan antara BNN dengan Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), prevalensi penyalahgunaan narkoba di provinsi Yogyakarta pada tahun 2019 sebesar 3,60% atau setara dengan 29.132 orang penduduk.

Menyadari posisinya sebagai perguruan tinggi yang bisa menjadi sasaran para pengedar narkoba, IST AKPRIND mengikuti Bimbingan Teknis Penggiat Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Lingkungan Masyarakat yang diselenggarakan oleh BNNP DIY, di Yogyakarta Marriott Hotel, Yogyakarta, Selasa (15/6). Pada Bimbingan Teknis ini, IST AKPRIND menugaskan Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom. (Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama) serta seorang mahasisawa yaitu Rydwan Illahi yang menjabat sebagai Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IST AKPRIND. Bimbingan teknik ini merupakan salah satu upaya BNNP DIY untuk mengajak masyarakat berperan aktif menjadi Penggiat P4GN, sehingga penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan masyarakat, khususnya di kota Yogyakarta dapat ditekan bahkan dikurangi. Serta diharapkan para penggiat P4GN mampu memberikan solusi yang tepat dalam menangani permasalahan narkoba yang ada dan berkembang di masyarakat.

Potensi bahaya penyalahgunaan serta peredaran gelan narkotika dilingkungan perguruan tinggi sangat disadari oleh IST AKPRIND Yogyakarta. Sehingga sejak tahun 2014, IST AKPRIND membentuk Satgas P4GN yang gawangi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Satuan Mahasiswa Bhayangkara (UKM Satmabhara). Keberadaan Satgas P4GN di IST AKPRIND selain menjadi penggiat anti narkoba juga mampu menyampaikan pesan-pesan anti narkoba. Satgas P4GN di IST AKPRIND bukan hanya memberikan edukasi bahaya narkoba terbatas di lingkungan IST AKPRIND, namun bekerjasama dengan BNNP DIY memberikan edukasi di sekolah-sekolah baik SD, SMP maupun SMU di wilayah DIY. (tdj)