IST AKPRIND Gelar Sharing Session Alumni: Menyongsong Kolaborasi di Industri Migas

0
347
Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta kembali menyelenggarakan sharing session bersama alumni di Ruang Kerja Pimpinan Kampus 1 pada Rabu, (23/8).

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (IST AKPRIND) kembali menyelenggarakan sharing session bersama alumni di Ruang Kerja Pimpinan Kampus 1 pada Rabu, (23/8). Alumni yang hadir pada acara tersebut yakni Ibnu Fajar Purnomo Sidi. Ia merupakan alumni Teknik Elektro angkatan masuk tahun 2002. Saat ini ia bekerja sebagai Operation Director dan sekaligus founder PT. Titian Servis Indonesia.

Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Dr. Edhy Sutanta, S.T., M.Kom., Wakil Rektor III Dr. Emy Setyaningsih, S.Si., M.Kom., Ketua Program Pendidikan Vokasi I Gusti Gde Badrawada, S.T., M.Eng., Kepala Lembaga Pengembangan Kompetensi dan Kewirausahaan (LPK2) Ir. Purnawan, S.T., M.Eng., C.W.S., IPM., Kepala Badan Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (BP2AI) Siti Saudah S.Pd, M.Hum., Kepala Biro Admisi, Administrasi Akademik, dan Kemahasiswaan (BA3K) Ari Santoso, S.T., M.Sc., Pj. Kepala Biro Protokoler, Humas, dan Kerjasama (BPHK) Andika Prasetya, S.Sos., Kepala Bagian Administrasi Kerjasama Panggih Sumaryanto, S.E., M.Sc., Kepala Bagian Administrasi Kemahasiswaan & Alumni (BAKA) Yan Sophian, S.Kom., M.Sc., beserta para Wakil Dekan (Wadek) di lingkungan IST AKPRIND, yaitu Ir. Muhammad Yusuf, M.T. (Wadek FTI), Dr. Muchlis, S.P., M.Sc. (Wadek FST), Renna Yanwastika Ariyana, S.T., M.Kom. (Wadek FTIB), Kepala Bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan Pendidikan yang sekaligus Ketua Gugus MBKM Aji Pranoto, S.Pd., M.Pd., Kepala Bidang Sarana dan Media Belajar Erna Kumalasari Nurnawati, S.T., M.T.. Ketua Jurusan Teknik Geologi Nur Widi Astanto Agus Tri Heriyadi, S.T., M.T.. Turut hadir pula Ketua Jurusan Teknik Elektro Ir. Gatot Santoso, M.T. dan salah satu dosen Jurusan Teknik Elektro Muhammad Andang Novianta, S.T., M.T., serta Business Development Director PT. Titian Servis Indonesia, Bahtra, S.E..

Dalam sambutannya, Edhy menyampaikan saat ini tengah berupaya menjalin kolaborasi dengan berbagai industri untukk memberi kesempatan lebih luas kepada mahasiswa untuk menjalani Magang Industri selama enam bulan atau satu semester guna memberikan pengalaman nyata di dunia industri. Selain itu, ia juga menyampaikan dalam magang industri tidak hanya berfokus di industri bidang manufaktur saja, melainkan akan diperluas ke bidang minyak dan gas (Migas). 

Menurut Edhy, upaya tersebut perlu dilakukan oleh setiap program studi di IST AKPRIND agar setiap lulusan dapat langsung diterima di dunia industri, karena memiliki pengalaman riil di samping ketrampilan yang dilatih selama menempuh pendidikan. IST AKPRIND memiliki alumni dengan jumlah yang sangat besar dan telah tersebar ke berbagai perusahaan nasional bahkan internasional dengan prestasi yang gemilang, sehingga menjadi peluang kerja terbuka luas. Kuncinya adalah pada terbangunnya jejaring dengan dunia industri, terutama yang pada industri di mana ada alumni bekerja di sana.

Sementara itu, Ibnu Fajar menuturkan bahwa ia ingin berkontribusi lebih besar dengan memperkuat jaringan alumni yang dimiliki IST AKPRIND untuk berkecimpung di industri Migas. 

“Saya memiliki ambisi pribadi sebagai alumni IST AKPRIND, yaitu ingin memiliki jaringan yang lebih kuat dari lulusan IST AKPRIND di bidang industri Migas. Sebab selama bekerja di Migas, saya masih jarang menemui lulusan yang bekerja di bidang Migas,” ujarnya.

PT. Titian Servis Indonesia adalah perusahaan jasa untuk berbagai sektor industri minyak dan gas, petrokimia, energi, dll. Perusahaan ini berfokus dalam memberikan layanan dan solusi terbaik bagi pelanggan untuk memastikan mereka mendapatkan keuntungan maksimal dari fasilitas mereka.

Selain menyediakan layanan Integrated Turn Around Services dan Turn Around Management, PT. Titian Servis Indonesia juga menyediakan berbagai layanan yang dibutuhkan oleh pelanggan untuk operasional pemeliharaan dan selama masa penutupan (turn around), seperti On-Line Leak Sealing, On-site Machining, Management Flange, Hot Tapping & Stopple Plugging, Hydrotesting, Welding Habitat, dan lain-lain. (humas)